Breaking News:

Tribun Enrekang

Perkuat Hubungan Sosial Masyarakat, Dinsos Enrekang Gelar Program Serasehan Sosial di Maiwa

Dinas Sosial Kabupaten Enrekang menggelar kegiatan tematik serasehan keserasian sosial Kementerian Sosiap Republik Indonesia di kelurahan Bangkala.

Penulis: Muh. Asiz Albar | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/M AZIS ALBAR
Dinas Sosial Enrekang menggelar kegiatan tematik serasehan keserasian sosial Kementerian Sosiap Republik Indonesia di kelurahan Bangkala, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (4/11/2020). 

TRIBUNENREKANG.COM, MAIWA - Dinas Sosial Kabupaten Enrekang menggelar kegiatan tematik serasehan keserasian sosial Kementerian Sosiap Republik Indonesia di kelurahan Bangkala, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (4/11/2020).

Serasehan sosial itu mengangkat tema "Melalui keserasian sosial, bersama membangun harmonis sosial, untuk Indonesia maju, aman dan sejahtera".

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Camat Maiwa Andi Nasruddin, Lurah Bangkala Andi Ridwan, Kasi penanganan Fakir, Disos Enrekang H Dulman, serta perwakilan Dinsos Sulsel, Nur Sulaiman B.

Dalam sambutannya, Andi Nasruddin menggambarkan kondisi umum kecamatan dan Kelurahan Bangkala secara khusus.

Kelurahan Bangkala memiliki tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi, olehnya kegiatan ini tentu memberikan dampak positif khususnya dengan ketersediaan akses yang memadai.

"Diharapkan program ini mampu memberikan manfaat kepada masyarakat setempat," katanya.

Sementara utusan Dinsos Sulsel, Nur Sulaiman B mengatakan, pada dasarnya program keserasian sosial merupakan salah satu implementasi kebijakan Kementerian Sosial RI.

Khususnya, dalam hal penanganan konflik serta merangsang hubungan sosial antar warga, secara harmonis dan penuh kedamaian.

Program tersebut dapat mewujudkan tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati.

Sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembangkan serta memelihara kembali kehidupan bersama diantara masyarakat di lokasi tempat tinggal.

Dalam persaudaraan sejati, kebersamaan, sentiment sosial dengan pengertian senasib sepenanggungan dan saling setia satu sama lain, solidaritas sosial seperti kohesitas dan kesetiakawanan.

"Bentuk kegiatan keserasian sosial dapat berupa kegiatan fisik maupun non fisik," ujarnya.

Sedangkan Ketua Forum Keserasian, Sandi Lubis, mengatakan kegiatan keserasian sosial diharapkan mampu memberikan kemudahan akses bagi masyarakat.

"Dan juga manfaat terhadap hubungan dan sinergitas antara masyarakat yang menjadi sasaran pelaksanaan program," tuturnya.(*)

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, @whaiez

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved