Breaking News:

Citizen Reporter

Bimtek SPP TIK; Menuju Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Sulawesi Selatan adakan kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan (SPP) dan TIK

Citizen Reporter
Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Sulawesi Selatan adakan kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan (SPP) dan TIK: reflikasi mandiri transformasi perspustakaan berbasis inklusi Sosial untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan pustakawan. 

Citizen Reporter, Zulfadli Amran, Pengelolah Pustaka Bingkai Baca Desa Buakkang Gowa, Peserta Bimtek SPP TIK Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel melaporkan dari Hotel Continent Centrepoint Makassar.

Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Sulawesi Selatan adakan kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan (SPP) dan TIK: reflikasi mandiri transformasi perspustakaan berbasis inklusi Sosial untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan pustakawan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas  Moh. Hasan, S.H., M.H. di Hotel Continent Makassar, Senin (02/11/2020).

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pengelolah perpustakaan yang telah menerima bantuan hibah bahan pustaka, rak buku dan computer oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.  

Moh. Hasan dalam sambutannya sebelum membuka acara yang akan berlangsung hingga 04 November 2020 nanti mengapresiasi segenap peserta dan meminta agar bersama-sama mendorong minat baca masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Saya bangga kepada para peserta pengelola perpustakaan yang sejatinya mengerjakan kerja-kerja Tuhan. Mengajak anak-anak untuk memba, mendidik masyarakat mencerdaskan kehidupan bangsa dan itu semua dilakukan tanpa ada hitung-hitungan,” tuturnya.

“Dinas perpustakaan dan para penggiat literasi di desa-desa, lorong-lorong harus bersinergi dalam upaya mensejahterakan rakyat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Ayo sama-sama mengajak mayarakat membaca. Jangan khawatir saya tidak akan tinggalkanki,” tambahnya.  

Peserta kegiatan ini sesuai undangan sebanyak 50 orang perwakilan masing-masing perpustakaan desa/kelurahan, perpustakaan lorong, perpustakaan komunitas dan taman baca masayakat dari berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Makassar, Gowa, Bone, Maros dan Soppeng).  

Narasumber Kegiatan Bimbingan Teknis ini adalah Dua orang Master Trainer Nasional yakni Bapak Irsan, SIP pustakawan dari Perpustakaan Enrekang dan Bapak Burhanuddin, S.Kom pustakawan Perpustakaan Maros.

Dalam tiga hari ini, sesuai jadwal kegiatan akan dilaksanakan dalam beberapa sesi. Di hari pertama Dimulai dari pembukaan, perkenalan, pre test, penjelasan tujuan pelatihan pemaparan materi Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, kemudian materi strategi peningkatan layanan komputer dan internet dan sesi TIK sebagai kebutuhan dasar manusia.

Jadwal sesi materi yang akan dilaksanakan hari kedua cukup padat yakni energizer dan review, selanjutnya materi strategi pelibatan masyarakat, Aplikasi TIK dalam kehidupan sehari-hari, sistem informasi manajemen program, media sosial dan video conference teknologi, dampak layanan perpustakaan hingga melakukan presentasi hasil diskusi.

Di hari ketiga materi akan dilakukan penyusunan program atau rencana aksi dan post test dan terakhir penutupan.

Kegiatan ini berlangsung dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dimasa kenormalan baru pandemi Covid-19. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved