Breaking News:

Citizen Reporter

Unismuh Ikut Bantu Upaya Pelestarian Penyu di Pantai Lowita Pinrang

Universitas Muhammadiyah Makassar melalui kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PKM) melaksanakan kegiatan di Desa Wiringtasi Pinrang.

Citizen Reporter
Universitas Muhammadiyah Makassar melalui kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PKM) melaksanakan kegiatan upaya pelestarian penyu di Desa Wiringtasi Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. 

Citizen Reporter, Fatriady MR, Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar melalui kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PKM) melaksanakan kegiatan di Desa Wiringtasi Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Pogram yang dilaksanakan bersama pemerintah desa dan masyarakat ini bertempat di Pantai Lowita yang merupakan salah satu Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN).

Fatriady MR selaku dosen penanggung jawab kegiatan ini mengatakan locus program ini adalah "Pengembangan Wisata Edukasi" di kawasan Pantai Lowita.

Kawasan ini dipilih karena memiliki potensi pantai untuk dikembangkan.

"Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya upaya pelestarian penyu dan usaha pengembanagan kerajinan bambu menjadi aksesoris dan perabot RT. Terima kasih LP3M Unismuh Makassar telah menyetujui program ini”, ungkapnya.

Dia mengatakan, kegiatan PKM terlaksana sejak bulan April yang lalu. Namun adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak pada terbatasnya kegiatan pertemuan secara langsung dan berkelompok.

"Rencana teknis kegiatan yang sebelumnya direncanakan, harus dikonsepkan dengan teknis penyesuaian protokol kesehatan. Komunikasi yang intens dan penyepakatan capaian bersama pemerintah desa, mampu memberi ruang untuk memaksimalkan kegiatan PKM ini," katanya.

Program yang terlaksana seperti upaya pelestarian penyu dengan ikut berpartisipasi pada dalam melakukan demonstrasi pelepasan penyu “tukik” di area Pantai Lowita.

Penyu adalah salah satu biota laut yang dilindungi dan potensi pelestarian penyu sangat cocok dikembangkan di daerah ini.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved