Breaking News:

Pelatihan Budikdamber

Cegat Community Gelar Pelatihan Budikdamber Tapakur

Celebes Global Act (Cegat) community menggelar pelatihan Budidaya Ikan, Sayur, dan Buah Dalam Ember (Budikdamber).

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Hasriyani Latif
Cegat Community
Suasana pelatihan Budikdamber Tapakur di Aula 1 LPMP Sulsel, Sabtu (31/10/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Celebes Global Act (Cegat) community menggelar pelatihan Budidaya Ikan, Sayur, dan Buah Dalam Ember (Budikdamber) yang merupakan program dari Ketahanan Pangan Keluarga (Tapakur) Cegat community di Aula 1 Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (31/10/2020). 

Cegat community merupakan organisasi non-profit yang memberikan berbagai peluang bagi komunitas global untuk berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman serta membina hubungan dengan orang dan organisasi di komunitas lokal. 

Kegiatan yang dibuka Muhammad Anshar selaku founder Cegat Community dan diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu ketahanan pangan dan gizi bagi keluarga yang terkena dampak krisis Covid-19. 

Kegiatan menghadirkan Rusdi selaku wiraswasta dan Zulkarnain Masyhur selaku dosen Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar sebagai pemateri ini juga membagikan beberapa alat perlengkapan dan benih pembibitan kepada peserta secara gratis.

Zulkarnain Masyhur mengatakan bahwa pemasaran yang baik dalam hal ini yaitu dengan memanfaatkan sosial media.

"Pemasaran yang baik yaitu penggunaan sosial media seperti Facebook, Instagram dan lain-lain. Bisa juga menggunakan pemasaran yang lain, namun lebih bagus apabila memanfaatkan sosial media," ungkapnya.

Sementara itu, Rusdi menuturkan bahwa pengelolaan air pembibitan ikan dalam ember dilakukan jika nafsu ikan menurun, air berbau busuk, dan posisi ikan yang menggantung.

"Pergantian air dilakukan apabila nafsu ikan menurun, airnya berbau menyengat, posisi Ikan menggantung dimana posisi kepala di atas dan ekor dibawah," tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan bahwa tips pemeliharaan pembibitan ikan lele dalam ember, yaitu kualitas dan kuantitas air, posisi ember yang terkena sinar matahari, pakan yang sehat dan bernutrisi, kendalikan hama, dan tempatkan sesuai ukuran ikannya.

"Ada beberapa tips pemeliharaan pembibitan ikan lele dalam ember. Tips pertama, yaitu harus memperhatikan kualitas dan kuantitas airnya, kedua letakkan ember pada tempat yang terkena banyak matahari, ketiga berikan pakan yang cukup dan bernutrisi, keempat kendalikan dan cegah hama secara cepat dan tepat, terakhir pisahkan ikan sesuai dengan ukurannya," tuturnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved