Breaking News:

Sarasehan Kepenulisan

HMI Cabang Gowa Raya Akan Terbitkan Buku dari Tulisan Peserta Pelatihan Kepenulisan

Bidang Informasi dan Komunikasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya periode 1442-1443 H telah menggelar Sarasehan Kepenulisa

HMI Cabang Gowa Raya
HMI Cabang Gowa Raya menggelar Sarasehan Kepenulisan “Pelatihan Kepenulisan Tingkat Dasar", Selasa-Sabtu (20-24/10/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Bidang Informasi dan Komunikasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya periode 1442-1443 H / 2020-2021 M telah menggelar Sarasehan Kepenulisan “Pelatihan Kepenulisan Tingkat Dasar” selama 5 hari.

Acara tersebut digelar dari Selasa (20/10/2020) yang dilaksanakan via daring melalui aplikasi Zoom dan Offline hingga berakhir pada Sabtu (24/10/2020).

Kegiatan ini merupakan program kerja berkelanjutan yang digagas oleh Pengurus Bidang Informasi dan Komunikasi dalam rangka memenuhi kebutuhan dan minat para kader HMI pada wilayah kepenulisan.

Tujuannya adalah para kader atau peserta yang terpilih untuk mengikuti kelas kepenulisan yang dilaksanakan ini nantinya akan mendapatkan pengetahuan dalam menulis dan bagaimana teknik kepenulisan serta menerbitkan tulisan para peserta dalam satu buku pasca proses mentoring selama 1 bulan.

Kegiatan ini menghadirkan 5 narasumber selama 5 hari, yakni Adj. Prof. Ismail Suardi Wekke (Akademisi IAIN Sorong), Zulkifli Makmur, M.A (Akademisi UIN Alauddin Makassar) Syamsul Arif Ghalib (Sekretaris Jurusan Studi Agama-agama UIN Alauddin Makassar), Muhammad Ridha (Dosen UIN Alauddin Makassar) dan Muhammad Naufal Mahdi (Mahasiswa Institut Sastra Makassar).

Ketua Umum HMI Cabang Gowa Raya, Fadli Lesmana Kamil dalam sambutannya memberikan pemaparan terkait kegiatan yang nantinya akan berlanjut ini.

“Sarasehan kepenulisan adalah salah satu program kerja yang dimiliki oleh Bidang Informasi dan Komunikasi HMI Cabang Gowa Raya dan program ini tidak hanya sampai pada tingkat dasar namun akan berlanjut hingga pelatihan tingkat lanjut (Advance Training) di wilayah kepenulisan," jelasnya.

"Selain itu, khususnya pada pelatihan tingkat dasar, para peserta akan dimentoring selama satu bulan pasca pelatihan untuk menggarap tulisan yang nantinya akan diterbitkan dalam satu buku," sambungnya.

Muhammad Naufal Mahdi sebagai narasumber pada hari pertama memaparkan terkait Konsep Dasar Menulis: Pengantar Kepenulisan.

Dalam pembahasannya, ia menggambarkan tentang hal-hal perlu diketahui dalam kepenulisan seperti penentuan topik tulisan, alasan dan tujuan menulis.

Halaman
1234
Penulis: Rudi Salam
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved