Breaking News:

Selain Ucapan Selamat Hari Dokter Nasional 2020, Kenali Sejarah dan Kabar Duka di Tengah Covid-19

Selain ucapan selamat Hari Dokter Nasional 2020, kenali sejarah dan kabar duka di tengah Covid-19.

DOK UNSOED
Ilustrasi dokter. Selain ucapan selamat Hari Dokter Nasional 2020, kenali sejarah dan kabar duka di tengah Covid-19. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Selain ucapan selamat Hari Dokter Nasional 2020, kenali sejarah dan kabar duka di tengah Covid-19.

Jangan hanya mengucapkan selamat Hari Dokter Nasional 2020, namun kenali juga sejarahnya.

Selain Hari Bakti Dokter Indonesia yang dilaksanakan setiap tanggal 20 Mei sejak tahun 2008, beberapa tahun belakangan, masyarakat Indonesia memperingati Hari Dokter Nasional.

Peringatan ini bertepatan dengan HUT Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) pada 24 Oktober.

Salah satu apresiasi masyarakat yang menonjol terhadap Hari Dokter Nasional  terekam dalam arsip Kompas pada tahun 2015.

Pada Sabtu, 24 Oktober 2015, media sosial Twitter dipenuhi ucapan selamat dengan frasa “Selamat Hari Dokter Nasional” hingga menjadi trending topic (Kompas Web, 24 Oktober 2015).

Sebagai organisasi profesi, sejarah pendirian IDI menunjukkan peran para dokter Indonesia dalam menjawab tantangan zaman sejak masa kebangkitan nasional.

Selain itu, pendirian IDI juga menunjukkan kemandirian para dokter Indonesia dalam menjaga profesi dokter sebagai salah satu profesi yang mulia.

Dokter Rizki Amanda Sari disambut tim medis saat keluar dari Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam, Jumat (1/5/2020). Ia dan drg Fitri dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah sebelumnya menjalani perawatan selama 16 hari di rumah sakit tersebut.
Dokter Rizki Amanda Sari disambut tim medis saat keluar dari Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam, Jumat (1/5/2020). Ia dan drg Fitri dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah sebelumnya menjalani perawatan selama 16 hari di rumah sakit tersebut. (KOMPAS/PANDU WIYOGA)

Dengan demikian, peringatan Hari Dokter Nasional dapat menjadi pengingat dan penyemangat bagi para dokter untuk menjawab tantangan zaman ini sambil terus berkarya sesuai dengan profesi mereka.

Terlebih, pada masa pandemi Covid-19, dokter berperan penting sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat.

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved