Breaking News:

Buku Bilang Taung

Buku Bilang Taung, Salah Satu Kado Hari Jadi ke-351 Sulsel, Siapa Nor Sidin, Pembuat dan Kisahnya?

“Dengan adanya sistem penanggalan, maka kita bisa antara lain mengetahui hari baik hanya dengan melihat kalender,” kata Nurdin.

Penulis: Saldy Irawan | Editor: Arif Fuddin Usman
dok pribadi
Penulis Buku Bilang Taung karya keturunan Bugis-Makassar Nor Sidin bersama tim editor saat menyerahkan kepada Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah di Hotel Claro, Selasa (20/10/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebuah buku berisikan tulisan tentang sistem penanggalan masyarakat Sulawesi Selatan hadir sebagai hadiah Hari Jadi ke-351 Sulsel.

Buku tersebut berisi penanggalan yang berdasarkan naskah lontara dan kalender Bugis-Makassarnya.

Baca juga: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Buka Musrenbang Perubahan RPJMD Sulsel 2018-2023

Baca juga: Ini 8 Provinsi Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor, Ada Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Sulsel

Buku Bilang Taung karya keturunan Bugis-Makassar itu diserahkan langsung penulis kepada Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah di Hotel Claro, Selasa (20/10/2020).

Gubernur juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada penulis dan tim pembuatan buku tersebut.

“Dengan adanya sistem penanggalan, maka kita bisa antara lain mengetahui hari baik hanya dengan melihat kalender,” kata Nurdin.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di acara Musrenbang di Hotel Claro, Selasa (20/10/2020)
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di acara Musrenbang di Hotel Claro, Selasa (20/10/2020) (dok tribun timur)

Rampungnya buku Bilang Taung tersebut tidak lepas dari sentuhan Dr. Muhlis Hadrawi dan Sapri Pamulu PhD sebagai editor yang ikut dalam penyerahan Buku Bilang Taung dan kalendernya.

Nor Sidin juga menghaturkan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Nurdin Abdullah atas apresiasinya terhadap nilai-nilai kearifan lokal warisan leluhur Bugis-Makassar.

Buku ini juga diserahkan kepada Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Sekda Provinsi Nurhayat, Pj Walikota Makassar Prof Rudi Djamaluddin dan Bupati Bone A Fahsar Padjalangi.

Baca juga: Nurdin Abdullah Buka Musrenbang Perubahan RPJMD Sulsel, 2021 Bantuan ke Daerah Rp 500 M

Baca juga: SEDANG TAYANG 3 LINK Live Streaming Liga Champions Ferencvaros vs Barcelona - Nonton Gratis di HP

Sehari sebelumnya juga disampaikan kepada Rektor Universitas Hasanuddin.

“Buku ini terbit atas kerjasama Pemprov Sulsel dan Yayasan Turikalenna,” kata Sapri Pamulu, salah satu editor yang turut mendampingi penulis menyerahkan ke gubernur.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved