Breaking News:

Tribun Soppeng

Minta Hentikan Kriminilisasi, Aliansi Petani Gelar Unjuk Rasa di Kantor PN Soppeng

Unjuk rasa itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap ketiga petani yang dikriminalisasi karena menebang pohon jati miliknya sendiri.

ist
Sejumlah petani di Kabupaten Soppeng, yang tergabung dalam Aliansi Petani Soppeng berunjuk rasa di depan Pengadilan Negeri Watansoppeng, Selasa (20/10/2020) 

TRIBUNSOPPENG.COM, WATANSOPPENG - Aliansi Petani Soppeng berunjuk rasa di depan kantor Pengadilan Negeri Watansoppeng, Selasa (20/10/2020).

Unjuk rasa itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap ketiga petani yang dikriminalisasi karena menebang pohon jati miliknya sendiri.

Ketiga petani itu adalah Natu, Ario Permadi dan Sabang. Kasusnya telah empat kali disidangkan.

Satu keluarga tersebut dijerat ketentuan pasal 82, dan pasal 12 B Undang-undang nomor 18 tahun 2013, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengerusakan Hutan (UU P3H), yang menyebut larangan menebang pohon dalam kawasan hutan tanpa seizin pejabat yang berwenang.

Aliansi Petani Soppeng membawa sejumlah spanduk bertuliskan "hentikan kriminalisasi petani Soppeng", juga "Bebaskan Natu dan Keluargamya dari jerat UU P3H", dan "Langsung jerat tampa sosialisasi".

"Kasus kriminalisasi terhadap petani Soppeng sudah sering terjadi, Natu adalah korban selanjutnya, dia kriminalisasi karena menebang pohon jati yang ditanam mendiang orang tuanya puluhan tahun silam," kata salah satu pendamping hukum Natu, Ady Anugra Pratama.

Para petani tersebut menuntut agar Natu dan keluarganya dibebaskan.

Dasar penangkapan Natu sendiri lantaran menebang pohon jati di kawasan hutan lindung di Ale Sewo, Kecamatan Lalabata pada Februari 2020 lalu.

Namun, Natu dan keluarganya tak menyangka, bahwa tanah yang digarapnya secara turun temurun adalah kawasan hutan lindung.

Olehnya, Ady Anugra Pratama menyebutkan, empat poin tuntutan para petani.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved