Wisata Sulsel

Berenang di Kampung Galung Sinjai Barat Hanya Rp 5 Ribu, Banyak Spot Foto Kece

Berenang di Kampung Galung Sinjai Barat hanya Rp 5 Ribu. Menawarkan hamparan sawah bertingkat dan spot foto yang bikin greget pengunjung.

Editor: Suryana Anas
TRIBUN TIMUR/SUKMAWATI
Suasana Wisata Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupatsn Sinjai, Sulawesi Selatan, Kampung Galung. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Berenang di Kampung Galung Sinjai Barat hanya Rp 5 Ribu. Menawarkan hamparan sawah bertingkat dan spot foto kece.

Ada pemandangan tak biasa di Wisata Kampung Galung Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai.

Tak hanya menawarkan hamparan sawah bertingkat, luas nan menghijau, jejeran Gasebo maupun spot foto yang bikin greget pengunjung.

Suasana Wisata Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupatsn Sinjai, Sulawesi Selatan, Kampung Galung.
Suasana Wisata Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupatsn Sinjai, Sulawesi Selatan, Kampung Galung. (TRIBUN TIMUR/SUKMAWATI)

Tetapi, kolam renang di tengah sawah ini sangat menarik perhatian.

Yup, sawah yang dihibahkan masyarakat setempat ini berhasil dibuatkan sebuah kolam renang dengan lebar 10 meter dan panjang 24 meter.

Meski terlihat satu kolam renang saja, tetapi ada pemisah antara kolam renang anak-anak dan dewasa. Untuk anak-anak kedalamannya hanya 80 cm dan dewasa 1,5 hingga 2 meter.

Menariknya, kolam ini terlihat sangat terawat dan kebersihannya pun terjaga.

Pengelola memagarinya dengan kayu dan tak boleh memakai alas kaki ke area kolam. Hal tersebut tertera jelas pada papan pengumuman dekat kolam.

Kolam renang di tengah sawah ini dibuat oleh masyarakat sekitar Wisata Kampung Galung, Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat
Kolam renang di tengah sawah ini dibuat oleh masyarakat sekitar Wisata Kampung Galung, Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat (tribun-timur.com/sukma)

Tarif berenang pun sangat terjangkau, yakni Rp 2 ribu untuk anak-anak dan dewasa Rp 5 ribu (pengunjung), khusus warga Desa Barania gratis.

Kolam renang ini sendiri bisa diakses pada pukul 07.30 hingga 18.00 Wita.

Kepala Desa Barania, Firman M Maddolangeng mengatakan, untuk liburan tak harus mahal dan siapapun berhak untuk menikmatinya.

"Saya selalu memperhatikan jika jalan-jalan ke tempat wisata air. Tarif berenang mahal sekali, paling rendah Rp 35 ribu sampai Rp 200 ribuan. Makanya, saya dan juga masyarakat setempat sengaja mematok harga tiket berenang di kampung Galung ini dengan sangat murah, biar semuanya bisa menikmatinya sebagaimana target kami yaitu semua kalangan," jelasnya.

Bagi Firman sapaan akrabnya, berenang banyak disenangi orang-orang, mulai anak-anak hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan.

Olehnya itu, dengan menawarkan sensasi yang tak kalah dengan tempat lain, kolam renang di tengah sawah ini menghadirkan hal berbeda dan unik.

"Selain itu, patut diketahui juga bahwa kejernihan air di kolam renang ini dijamin. Airnya bersumber dari lima mata air yang langsung dari gunung," ujarnya.

Ia menambahkan, meski dibuka secara terbatas karena pandemi, di hari biasa jumlah pengunjung anak-anak yang berenang sekitar 30 orang dan dewasa 15 orang.

"Kalau akhir pekan anak-anak bisa sampai 50 orang dan dewasa 30 orang. Alhamdulillah, semua antusias pengunjung terus meningkat agar Desa Barania semakin dikenal tak hanya di Sulsel tetapi se Indonesia maupun seluruh dunia," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved