Breaking News:

Tribun Makassar

Sudah Dibebaskan, Apa Alasan Polisi Tangkap Dua Mahasiswa Makassar Saat Hendak Aksi?

Dua mahasiswa dari Aliansi Pro Demokrasi yang ditangkap saat hendak melakukan 'AKSI KAMISAN SANTUY' di depan Kampus Universitas Muslim Indonesia.

TRIBUN-TIMUR.COM/MUSLIMIN EMBA
PBH LBH Makassar, Melisa Ervina Anwar saat bertemu dua mahasiswa yang ditangkap, Farhan Nazer Ahmad dan Muh Azrian Islan Hehanusa di Polrestabes Makassar, Jumat (15/10/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dua mahasiswa dari Aliansi Pro Demokrasi yang ditangkap saat hendak melakukan 'AKSI KAMISAN SANTUY' di depan Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) kemarin, telah dibebaskan polisi.

PBH LBH Makassar, Melisa Ervina Anwar, Sabtu (17/10/2020) mengatakan, keduanya Farhan Nazer Ahmad dan Muh Azrian Islan Hehanusa diperbolehkan pulang oleh oleh pihak Satreskrim Polrestabes Makassar.

"Kedua mahasiswa tersebut (Farhan Nazer Ahmad dan Muh Azrian Islan Hehanusa) diperbolehkan pulang dan status mereka saat pemeriksaan adalah saksi," kata Melisa selaku pendamping hukum.

"Berdasarkan hasil koordinasi tim PH dari LBH Makassar dengan pihak Sat Reskrim bahwa kedua mahasiswa tersebut diperbolehkan pulang karena sudah lewat 1x24 jam," sambungnya.

Namun, Melisa mengaku hingga kini ia belum mengetahui persis alasan penangkapan keduanya.

Selain itu, penangkapan tersebut dinilai janggal karena melibatkan salah satu anggota ormas.

"Hingga saat ini kami tidak tahu alasan apa kedua mahasiswa tersebut ditangkap oleh ormas, tidak jelas. Bisa dikatakan bahwa ini adalah penangkapan yang sewenang-wenang dilakukan oleh ormas," bebernya.

Tidak hanya itu, pihak LBH Makassar sebelumnya juga mengaku sempat dipersulit saat hendak memberikan akses bantuan hukum.

Namun itu dibantah Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Kompol Agus Khaerul.

"Siapa bilang dihalangi, sudah ketemu kliennya. Sudah ttd (tandatangan) surat kuasa," katanya.

Ia juga menegaskan pertemuan kedua mahasiswa yang ditangkap Farhan Nazer Ahmad dan Muh Azrian Islan Hehanusa dan Tim PBH YLBHI-LBH Makassar juga berlangsung saat rapid tes.

"Sudah ttd (tandatangan), sudah ketemu tadi pada saat di rapid mereka ketemu juga," bebernya.(*)

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved