Breaking News:

OPINI

Inovasi Tanpa Henti di Tengah Pandemi Covid-1

Awal tahun 2020 Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menetapkan virus Corona atau Covid-19 sebagai pandemi,

Dok Burhanddin
Humas UNM Burhanddin 

Opini: Inovasi Tanpa Henti di Tengah Pandemi Covid-19 oleh Humas UNM Burhanddin

Awal tahun 2020 Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menetapkan virus Corona atau Covid-19 sebagai pandemi, karena telah menyebar ke lebih dari 200 negara di dunia.

Akibat, pandemic bukan hanya soal ancaman kesehatah masyarakat dunia, tapi berefek pada banyak masalah social, politik, dan ekonomi umat manusia.

Hal ini membuat dunia nyaris sepi.  Menghambat begitu banyak akses kehidupan.

Relasi politik dan ekonomi terhambat. Interaksi sosial dibatasi dengan suatu jarak sosial yang mengurangi penyebaran.

Sebab, virus ini mematikan, banyak orang yang telah berpulang dengan cara yang sepi pula, tanpa iring-iring pengantar jenazah, sanak keluarga hanya bisa menangisi dan mendoakan kepergian anggota keluarganya dari kejauhan.

Sungguh ini peristiwa yang begitu memilukan. Kesedihan dan kecemasan menjadi hantu bagi keberlangsungan hidup ummat manusia.

Tentunya situasi ini bukan hal yang harus di diamkan. Sebab kita berada pada sebuah pilihan dilematis.

Jika kita mencoba untuk berdiam diri supaya terhindar dari virus ini akan mebuat aktivitas ekonomi manusia lumpuh dan akhir terjadi krisi dan kelaparan, disisi yang lain, melakukan aktivitas social dan bersikap apatis terhadap virus ini akan memperpanjang angka penyebaran dan nyawa umat manusia akan terhenti oleh virus ini.

Dunia pendidikan termasuk sector yang yang di’hempaskan’ oleh pandemic. Di awal pandemi Covid-19 dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi sempat kaget karena harus meniadakan proses pembelajaran secara tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran secara daring.

Halaman
123
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved