Breaking News:

Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Sejarah Berdirinya Pesantren Al-Urwatul Wutsqa Sidrap

Salah satu pesantren yang ternama di kabupaten berjuluk Bumi Nene Mallomo ini adalah Pondok Pesantren Al -Urwatul Wutsqaa (PPUW) .

TRIBUN-TIMUR.COM/HERY
Komplek Pesantren Al-Urwatul Wutsqa 

TRIBUNSIDRAP.COM, BARANTI - Sidenreng Rappang (Sidrap) merupakan salah satu kabupaten yang akrab dengan dunia pesantren.

Salah satu pesantren yang ternama di kabupaten berjuluk Bumi Nene Mallomo ini adalah Pondok Pesantren Al -Urwatul Wutsqaa (PPUW) .

Lokasinnya berada di wilayah perkampungan yang jaraknya sekitar 3 Km dari area perkotaan. Tepatnya di Kelurahan Benteng, Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

"Pesantren ini didirikan oleh AGH Abd Muin Yusuf alias Gurutta Kali Sidenreng, pada tanggal 1 Januari 1974 silam," kata Pimpinan PPUW H Muh Asri Kasman, LC saat ditemui TribunSidrap.com, Minggu (11/10/2020).

Ia menyebutkan, penggunaan nama Al-Urwatul Wutsqaa diambil dari penggalan kalimat ayat suci Alquran yang termaktub dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 256.

Al-Urwatul Wutsqa dalam ayat tersebut diartikan sebagai tali yang kokoh.

Melalui penamaan itu, Gurutta tentu mengharapkan PPUW menjadi pusat persatuan umat yang diikat dalam tali agama Allah yang kokoh.

Apalagi, PPUW berdiri bersamaan dengan maraknya perdebatan-perdebatan furu'iyah yang terjadi di tengah kalangan umat Islam kala itu.

"Gurutta pun mendirikan pesantren dengan dibaluti niat suci untuk menghilangkan beragam perdabatan yang ada," jelas Asri.

Dilain sisi, pengunaan Al-Urwatul Wutsqa juga diambil dari nama sebuah majalah yang diusung oleh tokoh Islam bernama Jamaluddin Al-Afgani.

Halaman
123
Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved