Bua-Rantepao 40 Menit, NA: ke Toraja Bisa Lewat Dua Bandara

Nurdin Abdullah berharap, dua jalur ini mempermudah arus turis yang datang melalui Bandara I Lagaligo di Bua.

Humas Pemprov Sulsel
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah saat kunjungan kerja di Toraja, Sulsel. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah baru-baru ini melakukan kunjungan kerja di Toraja.

Selain meninjau proyek pedestrian di delapan ruas jalan di Kota Rantepao, Toraja Utara, NA juga meninjau proyek ruas Jl Rantepao-Jl Bua sepanjang 60 kilometer (km) yang saat ini dalam tahapan pengerasan.

Akses jalan yang melintas dari patung tedong bonga (bahasa Toraja patung kerbau belang) di Rantepao ke Bandara Bua, Luwu ini melalui daerah terisolir, Kecamatan Bastem, daerah penghasil cengkeh di Luwu.

Nurdin Abdullah berharap, dua jalur ini mempermudah arus turis yang datang melalui Bandara I Lagaligo di Bua.

"Kalau jalan ini sudah rampung, Bua-Rantepao ditempuh 40 menit," ujar NA dalam rilis yang diterima tribun-timur.com, Senin (5/10/2020).

Wisatawan yang ke Toraja menurut Nurdin Abdullah bisa masuk melalui dua bandara.

Bandara I Lagaligo dan Bandara Toraja. Waktu tempuh dari dua badara ini menuju Rantepao, hampir sama, sekitar 40 menit sampai satu jam.

Di dua bandara ini pelancong bisa menggunakan Wings Air atau Citilink.

Citilink sejak 17 September 2020 melayani penumpang Makassar-I Lagaligo dan I Lagaligo-Makassar menyusul layanan Wings air sejak (19/10/2010).

Kini, Bandara Toraja menyusul Bandara I Lagaligo. Anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink, juga melayani penumpang Makassar-Toraja dan Toraja-Makassar empat kali sepekan mulai Oktober 2020.

Tahun depan, banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan kalau mau ke Toraja.

Bisa melalui Bandara Toraja, bisa juga melalui Bandara di Bua. Tiap hari ada pesawat Wings dan Citilink yang siap mengantar.

"Tahun ini landasan pacu Bandara Bua diperpanjang menjadi 2.000 meter dari 1.800 meter selama ini. Tahun 2021 ditambah lagi menjadi 2.250 meter. Kalau sudah rampung, bisa didarati Boeing," jelasnya.

Menurut Nurdin Abdullah, landasan pacu Bandara Toraja juga segera diperpanjang untuk melayani penerbangan Boeing.(*)

Laporan Wartawan tribun-timur.com, @fadhlymuhammad

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved