Breaking News:

Tribun Wajo

Pelaku Industri Sutra di Wajo Ikuti Bimtek Desain dan Pewarnaan, Anggota DPRD Sulsel Jadi Pembicara

Bimtek yang digelar Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dekranasda Sulse dan Dinas Perindustrian

Ist
Bimtek desain dan pewarnaan kain sutra di Hotel Sermani, Sengkang, Kabupaten Wajo, Sabtu (26/9/2020) 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Sebagai daerah yang terkenal dengan sutranya, para pelaku industri tekstil dan sutra di Kabupaten Wajo mendapatkan bimbingan dan pengembangan atau bimtek di Hotel Sermani, Sengkang, Kabupaten Wajo, Sabtu (26/9/2020).

Bimtek yang digelar Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dekranasda Sulse dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Kooperasi dan UMKM Kabupaten Wajo, menghadirkan anggota DPRD Sulsel, Andi Nurhidayati Zainuddin sebagai pembicara.

Andi Nurhidayati Zainuddin mengatakan, Kabupaten Wajo yang juga dikenal sebagai Kota Sutra itu sudah semestinya dikenal hingga tingkat internasional.

Salah satu cara mewujudkan hal itu dengan dukungan dari pemerintah, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

"Banyak sekali anggaran yang terpotong tapi Alhamdulillah anggaran untuk sutera masih bisa kita kawal. Kami akan terus mendorong regulasi dan anggaran untuk mengembangkan sutera di Sulawesi Selatan khususnya untuk Kabupaten Wajo dan Soppeng," katanya.

Bahkan, 300 bibit murbei telah tersedia di Kabupaten Wajo dan rencananya sebanyak 700 ribu akan menyusul untuk betul-betul mendukung industri sutra.

"Insya Allah, mesin pemintal juga untuk Wajo akan tiba di Januari 2021," katanya.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Kooperasi dan UMKM Kabupaten Wajo, Ambo Mai mengapresiasi kegiatan bimtek pengembangan dan pembinaan sentra industri tekstil dan sutra itu.

"Pemerintah Kabupaten Wajo akan terus bersinergi dengan pemerintah provinsi agar kita dapat membangkitkan sentra industri sutera di Wajo," katanya.

Diketahui, kegiatan bimtek desain dan pewarnaan kain sutra itu diikuti sekitar 20 pelaku industri tekstil dan sutra. Rencananya, kegiatan itu akan berlangsung hingga Senin (28/9/2020) mendatang.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved