Breaking News:

OPINI

Karang Taruna Berjiwa Sosialisme

OPINI: Karang Taruna Berjiwa Sosialisme oleh Muhammad Tariq (Pegiat Literasi, Pengurus Karang Taruna Kabupaten Barru

Dok Pribadi
Muhammad Tariq (Pegiat Literasi, Pengurus Karang Taruna Kab. Barru) 

OPINI: Karang Taruna Berjiwa Sosialisme

(Refleksi Hari Jadi Karang Taruna 26 September)

Oleh : Muhammad Tariq (Pegiat Literasi, Pengurus Karang Taruna Kab. Barru)

Di Indonesia terdapat bermacam-macam organisasi kepemudaan. Ada organisasi yang bertaraf nasional, ada yang bertaraf  regional, dan ada pula yang bertaraf lokal.

Salah satu organisasi pemuda yang ada ialah Karang Taruna. Kalau kita memahami pengertian singkat dari organisasi tersebut, Karang artinya wadah/tempat sedangkan Taruna artinya remaja atau pemuda.

Jadi Karang Taruna biasa diartikan tempat kegiatan para pemuda.

Generasi muda adalah bagian dari penduduk dunia yang sangat potensial dan memiliki sumbangan teramat besar bagi perkembangan masa depan dunia.

Karang Taruna sebagai lembaga sosialisasi dan merupakan pilar partisipasi sosial masyarakat, khususnya generasi muda dalam pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan kesejahteraan sosial pada khususnya.

Sasaran yang ingin dicapai oleh  Karang taruna dititik beratkan pada kesadaran dan tanggung  jawab sosial, sehingga dapat mewujudkan dengan baik kesejahteraan sosial yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Dengan demikian Karang Taruna mempunyai peranan dan posisi yang strategis dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda yang merupakan harapan bangsa dan menentukan masa depan bangsa dan negara.

Halaman
1234
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved