Breaking News:

Tribun Enrekang

Fokus Pada Pemilih Disabilitas, KPU Teken Kerjasama Dengan Dinsos Enrekang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang teken Nota Kesepahaman atau MoU dengan Dinas Sosial Kabupaten Enrekang.

Penulis: Muh. Asiz Albar | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/M AZIS ALBAR
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang teken Nota Kesepahaman atau MoU dengan Dinas Sosial Kabupaten Enrekang. 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang teken Nota Kesepahaman atau MoU dengan Dinas Sosial Kabupaten Enrekang.

Nota Kesepahaman tersebut memuat kerjasama dalam berbagai bidang.

Di antaranya peningkatan dan pengembangan serta pemetaan wilayah bagi kelompok pemilih disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus dan pemilih marginal.

Selanjutnya peningkatan kualitas data pemilih yang akurat, efisien, dan komprehensif serta peningkatan kualitas pendidikan pemilih bagi pemilih disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus dan pemilih marginal.

Serta yang terakhir adalah peningkatan partisipasi komunitas pemilih disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus dan pemilih marginal dalam pemilu dan pemilihan di Kabupaten Enrekang.

Menurut Kepala Dinas Sosial Enrekang, M Zulkarnain Kara, Rabu (23/9/2020) kelompok disabilitas memang perlu diberikan perhatian khusus.

“KPU maupun Dinas Sosial perlu kerja sama dan bersinergi untuk mendorong agar hak demokrasi para komunitas disabilitas bisa terpenuhi,” katanya.

Sehingga, ke depan tingkat partisipasi mereka dalam setiap kontestasi Pilkada atau pun Pemilu bisa meningkat.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Enrekang, Haslipa mengungkapkan pihaknya telah melibatkan komunitas disabilitas dalam beberapa event pada momentum Pilkada maupun Pemilu beberapa waktu lalu.

“Kami telah melibatkan mereka dalam beberapa kegiatan, misalnya merekrut mereka sebagai relawan demokrasi pada Pemilu 2019 lalu,” ujarnya.

"Dan untuk saat ini, kami fokus untuk memperbaiki kualitas data pemilih melalui data pemilih berkelanjutan termasuk diantaranya menyasar kelompok pemilih disabilitas," lanjutnya.(*)

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, @whaiez

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved