Breaking News:

Update Corona Sulsel

Soal Penerapan Protokol Kesehatan, Menko Luhut Minta Pangdam-Kapolda Back Up Pemprov Sulsel

Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pangdam XIV/Hasanuddin dan Kapolda Sulsel mem-backup penerapan displin protokol kesehatan

Humas Pemprov Sulsel
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi via konferensi video bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan beberapa gubernur dari provinsi lain di Indonesia, Rabu (17/9/2020) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pangdam XIV/Hasanuddin dan Kapolda Sulsel mem-backup penerapan displin protokol kesehatan (protkes) di Sulawesi Selatab (Sulsel)

"Saya ingin penerapan disiplin protokol kesehatan untuk perubahan perilaku dipertegas pelaksanaannya, lalu harus ada penurunan penambahan kasus harian, peningkatan angka kesembuhan, penurunan angka kematian dan penurunan angka kematian per total populasi," ujar Luhut via rilis Humas Pemprov, Kamis (17/9/2020).

Luhut dalam rapat koordinasi via konferensi video juga melakukan penyamaan data antara pusat dan daerah dalam rangka untuk pengambilan keputusan cepat.

Selain itu, dibahas terkait operasi yustisi untuk penegakan disiplin kesehatan.

Operasi Yustisi melibatkan anggota TNI- Polri, Satpol PP, pemerintah daerah, kejaksaan, hingga pengadilan. Dimana mereka membagikan 34 juta masker di seluruh Indonesia secara bertahap untuk mendisiplinkan masyarakat.

Tidak kalah pentung, bagaimana peningkatan manajemen perawatan pasien Covid-19, untuk menurunkan mortality rate dan meningkatkan recovery rate. Penanganan secara spesifik klaster yang ada juga dibahas.

Terkait data, Menko Luhut meminta masing-masing kabupaten/kota untuk memberikan data yang menunjukkan variable jumlah kasus, kesembuhan, dan tingkat kematian.

Detail mengenai masing-masing kluster penyebaran yang diklasifikasikan menjadi beberapa sub-kluster besar yaitu perkantoran, keluarga, pasar, maupun titik-titik keramaian yang lain dimintanya.

"Recovery rate dari Sulsel itu sebenarnya sudah cukup tinggi yaitu 76 persen. Ini juga untuk Pak Gubernur angkanya juga cukup lumayan. Kemudian mortality rate itu juga kalau anda lihat 3 persen, sebenarnya cukup bagus," kata Luhut.

Gubernur Sulawesi Sekatan Nurdin Abdullah menjelaskan terkait langkah dan strategi yang dilakukan pemprov dalam penanganan Covid-19. Dijelaskan, dari awal pandemi sudah melaksanakan beberapa langkah.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved