Breaking News:

Hak Paten

Punya Sertifikat Indikasi Geografis, Lada Luwu Timur Kini Kantongi Hak Paten

IG Lada Luwu Timur diusulkan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Lada Luwu Timur (MPIG LLT).

Humas Pemkab Lutim
Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler menerima sertifikat kekayaan intelektual IG Lada Luwu Timur dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Bambang Randam Sariwanto di Ballroom Sandeq A, Hotel Claro Makassar, Kamis (17/9/2020). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Lada Luwu Timur akhirnya resmi memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Direktorat Jenderal Kekayaan Alam Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler yang menerima sertifikat kekayaan intelektual tersebut dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Bambang Randam Sariwanto di Ballroom Sandeq A, Hotel Claro Makassar, Kamis (17/9/2020).

Husler mengatakan sertifikat Indikasi Geografis adalah upaya melindungi produk daerah agar tidak diklaim dan dipatenkan daerah lain.

Sertifikat IG ini untuk memberikan nilai tambah komersial, karena orisinalitasnya dan limitasi produk yang tidak bisa diproduksi daerah lain.

Serta melindungi dari praktek persaingan curang dalam perdagangan dan memberi manfaat yang besar kepada masyarakat, khususnya masyarakat Luwu Timur.

"Diterimanya sertifikat IG untuk Lada Luwu Timur diharapkan bisa memberikan stabilitas harga demi kesejahteraan petani lada Luwu Timur," katanya.

Ia juga harapkan kepada OPD terkait untuk mencari referensi-referensi dalam rangka percepatan pemanfaatan sertifikat ini.

IG Lada Luwu Timur diusulkan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Lada Luwu Timur (MPIG LLT).

IG ini telah disusun dan diseminarkan tahun 2018 yang selanjutnya dimohonkan digunakan untuk permohonan tanda IGLLT.

Permohonan kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (KI) pada tanggal 21 Desember 2018 hal ini difasilitasi oleh Asosiasi Indikasi Geografis Indonesia (AIGI).

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved