Breaking News:

Ritual Manene

Tutup Acara Adat Ma’nene di Sesean Suloara, Kalatiku: Penghormatan dan Penghargaan Leluhur Kami

Kegiatan unik seperti Ma’nene menarik minat khusus wisatawan akan budaya turun temurun yang masih lestari.

Pemkab Toraja Utara
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan saat menghadiri penutupan rangkaian acara adat Ma’nene di Lembang (Desa) Tonga Riu, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menutup kegiatan adat Ma’nene di Lembang (Desa) Tonga Riu, Kecamatan Sesean Suloara, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Kegiatan adat ritual Ma’nene yaitu mengganti pakaian jenazah yang sudah puluhan hingga ratusan tahun meninggal di lokasi pekuburan, baik di kuburan batu dan patane (rumah kecil).

Rangkaian acara Ma’nene dilaksanakan selama enam hari yang ditutup acara Si Semba’.

Dua lokasi dikunjungi Kalatiku Paembonan yaitu di Batukamban dan Lo’ko Mata yang dimulai dengan ibadah oleh Jemaat Gereja Toraja setempat.

“Acara Ma’nene ini untuk penghormatan dan penghargaan kepada leluhur, dimana awal upacara dilaksanakan pembersihan dan penataan lingkungan sekitar kuburan,” ucap Kalatiku dalam rilisnya ke tribun-timur.com, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya, kegiatan unik seperti Ma’nene menarik minat khusus wisatawan akan budaya turun temurun yang masih lestari.

Kalatiku mengatakan, penggantian pakaian jenazah merupakan pernyataan kasih sayang dengan memberi perhatian kepada orang tua para leluhur walaupun sudah tidak bersama.

“Inipula merupakan mata rantai kami kepada leluhur kami yang merupakan sumber inspirasi dan semangat di Toraja Utara dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara serta upaya pembangunan yang didukung SDM dalam rangka mensejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Rangkaian acara dan puncak diatur Ketua Panitia, Marthen Tonapa Parrangan yang juga anggota DPRD Toraja Utara.

Pengunjung dari daerah bahkan luar daerah datang melihat langsung dan mendokumentasikan kegiatan.(*)

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved