Breaking News:

Tribun Sinjai

VIDEO: Dirintis Saat Pemerintahan Belanda, Kini Jalanan di Bikeru 1 Sudah Mulus

Akses jalan yang menghubungkan dua desa dan satu kelurahan ini dapat mempermudah akses perekonomian masyarakat di Kecamatan Sinjai Selatan.

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI SELATAN- Warga di satu kelurahan, dua desa di Kecamatan Sinjai Selatan boleh bersyukur sebab jalan mereka sudah mulus.

Akses jalan yang menghubungkan dua desa dan satu kelurahan ini dapat mempermudah akses perekonomian masyarakat di Kecamatan Sinjai Selatan.

Daerah yang dilintasi yakni, Bikeru 1, Kelurahan Sangiasserri, Dusun Lita-litae, Bulujampi (Desa Gareccing) dan Mata-matae, Desa Talle.

Akses jalan tersebut mulai dirintis dan dibangun sejak pemerintahan Belanda di Indonesia berkuasa.

" Jalanan itu dibangun saat pemerintahan Belanda. Warga dipaksa bekerja rintis jalan yang menghubungkan Mata-matae (sekarang Desa Talle) ke Bikeru 1 (pusat pemerintahan Belanda saat itu," kata Jamaluddin (85), seorang saksi sejarah di Gareccing, Minggu (13/9/2020).

Pasca dirintis jalanan tersebut hanya berbentuk jalan tanah, jalanan itu terbanyak dilalui oleh petani dan pengangkut gabah dari sawah ke rumah-rumah warga.

September ini, jalanan tersebut sudah mulai rampung mulus menghubungkan tiga desa dan kelurahan ke pusat kota Kecamatan Sinjai Selatan.

Bukan tak pernah diusulkan ke Pemkab Sinjai untuk dibangun, menurut Jamaluddin hampir setiap tahunnya.

Hanya saja selalu diabaikan oleh Pemkab Sinjai. Dan dibawah pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto-A Kartini menyerap keluhan para masyarakat tani lalu membangun jalan itu.

Seto mengatakan bahwa jalan adalah salah satu kebutuhan mendesak masyarakat Sinjai saat ini.

Halaman
12
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved