Breaking News:

Universitas Hasanuddin Ingin Buka Kampus di Kabupaten Pinrang

Hal itu setelah Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, bertemu dengan Bupati Pinrang, A Irwan Hamid

TRIBUN TIMUR/FAHRIZAL
Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, bertemu dengan Bupati Pinrang, A Irwan Hamid, Selasa (15/9/2020), di Ruang Kerja Rektor, Gedung Rektorat Unhas. Unhas dan Pemkab Pinrang membicarakan rencanan pembukaan kelas vokasi atau kampus di Pinrang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Pemerintah Kabupaten Pinrang tengah membicarakan peluang untuk membuka kampus vokasi Unhas di Pinrang.

Hal itu setelah Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, bertemu dengan Bupati Pinrang, A Irwan Hamid, Selasa (15/9/2020), di Ruang Kerja Rektor, Gedung Rektorat Unhas.

Pada kesempatan itu, Andi Irwan Hamid mengutarakan niatnya untuk mengembangkan sumber daya manusia, khususnya dalam bidang pertanian dan kelautan.

Menurutnya, potensi yang dimiliki Kabupaten Pinrang dalam bidang pertanian dan kelautan akan semakin berkembang jika didukung oleh kesiapan sumber daya manusia yang siap pakai.

Kedatangan A Irwan Hamid bertemu Rektor Unhas, secara khusus bertujuan membahas kemungkinan kerja sama dengan Unhas dalam merealisasikan idenya tersebut.

Ia berharap, kerja sama dengan Unhas dapat mempercepat proses pembukaan pendidikan tinggi di Pinrang.

“Kami menuangkan dalam visi misi dan rencana pembangunan daerah untuk membuka sekolah vokasi di Pinrang. Selain memberi kesempatan bagi anak-anak muda Pinrang untuk memperoleh pendidikan tinggi, kami juga berharap gagasan ini dapat mengembangkan sektor pertanian yang menjadi unggulan kami,” kata Irwan.

Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, menyambut hangat ide Bupati Pinrang tersebut. Dwia mengapresiasi kepercayaan Pemerintah Kabupaten Pinrang untuk mengajak Unhas terlibat dalam kerja sama pembukaan sekolah vokasi tersebut.

“Kami tentu menyambut baik rencana ini. Universitas Hasanuddin sebagai lembaga pendidikan tinggi terbesar di luar Pulau Jawa dan Kawasan Timur Indonesia tentu memiliki tanggung jawab moral untuk memberi kontribusi dan manfaat langsung bagi pembangunan daerah dan masyarakat. Insyaa Allah, dengan kedatangan Pak Bupati ini kita bisa segera membahas hal teknis untuk merealisasikan dalam waktu secepatnya,” kata Prof Dwia.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas beberapa ide awal mengenai kesiapan masing-masing pihak, yang nantinya akan dibahas lebih konkret oleh tim teknis.

Irwan Hamid juga mengaku telah menunjuk Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang sebagai Ketua Tim Teknis. Sementara dari pihak Unhas, Rektor menugaskan kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Ketua LP2M untuk menjadi focal point dalam kerja sama ini.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana santai juga menghasilkan beberapa kesepakatan untuk mempercepat proses pembukaan sekolah vokasi di Pinrang, yang nantinya diharapkan dapat menjadi Kampus Unhas Pinrang.

Unhas tengah berencana membuka sekolah vokasi di beberapa Kabupaten di Sulsel. Selain Pinrang, Unhas juga sudah menggelar pembicaraan awal dengan Pemerintah Kabupaten Enrekang dan Bone.

Saat ini, baru sekolah vokasi di Kabupaten Sidrap yang telah berjalan dan mulai menerima mahasiswa baru tahun ajaran ini, bahkan telah menggelar kuliah perdana.

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved