Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Soal Perbup Protokol Kesehatan, LBH Luwu Timur Minta Disosialisasikan secara Masif

Perbup ini tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona Virus Desease 2019.

TRIBUN-TIMUR.COM/IVAN
Direktur LBH Luwu Timur, Muh Nur 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Bupati Luwu Timur, Thorig Husler sudah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Luwu Timur Nomor 32 tahun 2020 tertanggal 28 Agustus 2020.

Perbup ini tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona Virus Desease 2019.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Luwu Timur, Muh Nur mengatakan, perbup ini bisa menjadi solusi meminimalisasi penyebaran pandemi Covid-19.

"Perbup ini harus dilakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, pemkab harus mendatangi tempat keramaian seperti pasar, rumah ibadah sampai ke komunitas," kata Cici sapaan Nur kepada TribunLutim.com, Selasa (15/9/2020).

Menurut Cici, penegakan perbup ini adalah tanggung jawab Satpol PP, tetapi melawan Covid-19 harus melibatkan semua unsur.

"Kami menyarankan bupati membuat MoU dengan Kapolres dan pihak TNI, agar penegakan perbup ini bisa efektif diterapkan," katanya.

MoU ini dimaksud mengatur lebih tekhnis penerapan perbup dilapangan jangan sampai kepolisian dan TNI lebih dominan daripada Satpol PP.

"Dan kami juga mengharapkan kesadaran kolektif para elit politik untuk bersama dengan aparat memberi edukasi kepada masyarakat terkait bagaimana meminimalisasi penyebaran pandemi Covid-19," tutur Cici.

Adanya perbup ini, warga (perorangan) Luwu Timur diwajibkan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti menggunakan alat pelindung diri berupa masker jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved