Breaking News:

Tribun Maros

Resmi, Chaidir Syam Tak Lagi Jabat Wakil Ketua DPRD Maros

Pengunduran diri ini dilakukan terkait majunya Chaidir Syam menjadi Bakal Calon Bupati di Pilkada Maros 2020.

TRIBUN-TIMUR.COM/AM IKHSAN
DPRD Maros menggelar Sidang Paripurna untuk menindaklanjuti surat pengunduran diri Chaidir Syam selaku wakil ketua DPRD Maros, Selasa (15/9/2020). 

TRIBUNMAROS.COM, TURIKALE - DPRD Maros menggelar Sidang Paripurna untuk menindaklanjuti surat pengunduran diri Chaidir Syam selaku wakil ketua DPRD Maros.

Pengunduran diri ini dilakukan terkait majunya Chaidir Syam menjadi Bakal Calon Bupati di Pilkada Maros 2020, yang berpasangan dengan Suhartina Bohari.

Ketua DPRD Maros, Patarai Amir menjelaskan, untuk pimpinan yang ingin mengunduran diri, harus diadakan Paripurna.

"Suratnya kan masuk 3 September dan dalam tatib dijelaskan, bahwa tujuh hari setelah dimasukkannya surat pengunduran diri, partai yang menaungi tidak menyurat ke DPRD, maka wajib hukumnya saya proses dalam tujuh hari. Maka ditanggal 10 saya sudah mengajukan ke bupati untuk diteruskan ke gubernur, untuk meminta penerbitan pemberhentian," ujarnya, Selasa (15/9/2020).

Namun ia menjelaskan, bahwa pihak provinsi menjelaskan, jika hal ini tidak bisa diproses kalau tidak ada keputusan DPRD terkait pemberhentian pimpinannya karena proses pengunduran diri pimpinan harus melalui Paripurna.

Dimana sidang harus dihadiri oleh minimal 2/3 anggota dewan dan disetujui oleh 1/2 yang hadir dan jumlah anggota yang hadir pada sidang ada 27 orang dari 35 anggota dewan.

Jadi paripurna dikatakan sah, sehingga fungsi wakil ketua I DPRD Maros saat ini dipegang sementara oleh Patarai Amir selaku ketua, sampai adanya pengganti.

"Jadi terhitung hari ini, beliau sudah bukan lagi wakil ketua. Jadi nanti saya yang akan mengambil alih sementara, fungsi kordinasi langsung ke bagian alat kelengkapan komisi," jelasnya.

Ditempat terpisah, Chaidir Syam yang tidak menghadiri sidang menjelaskan, jika surat pengunduran dirinya sudah ia masukkan sebelum melakukan pendaftaran di KPU Maros.

"Karena saya sudah mengajukan sejak sehari sebelum pendaftaran di KPU. Jadi ini sisa peresmiannya saja, karena kalau pimpinan harus diadakan Paripurna dulu," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved