Breaking News:

Tribuners Memilih

Pilkada Majene, Batas Waktu Parpol Cari Calon Pengganti Fahmi Massiara Berakhir Besok

Partai Politik memiliki waktu dua hari untuk mengganti calon Bupati Majene, Fahmi Massiara.

TRIBUN-TIMUR.COM/HASAN BASRI
KPU Majene Gelar rapat pleno terbuka penyampaian hasil verifikasi dokumen para bakal calon. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE --Partai Politik memiliki waktu dua hari untuk mengganti calon Bupati Majene, Fahmi Massiara.

Hal ini dilakukan jika partai pengusung akan mengikuti kelanjutan tahapan Pemilihan Kepala Daerah Majene, pasca Fahmi Massiara dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene, Sulawesi Barat memberikan watas waktu partai politik mencari calon pengganti Fahmi Massiara sampai Rabu 16 September 2020 besok.

"Masa perbaikan itu tanggal 14 sampai 16," Kata Komisioner KPU Majene, Munawir Ridwan. Setelah persyaratan didaftarkan,KPU memiliki waktu untuk melakukan pemeriksaan berkas atau dokumen bakal calon pengganti.

JIka tidak terpenuhi, KPU memiliki waktu tiga hari membuka kembali masa perpanjangan pendaftaran. Lalu, apabila tidak pendaftar, maka hanya ada satu calon kandidat.

Ditanya apabila calon pengganti seorang berlatar belakang dari Aparatur Sipil Negara (ASN), menurut Munawir ada beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi.

"Salah satu profesi yang harus menambahkan dokumen salah satunya adala ASN. ASN yang maju Pilkada harus melakukan menambahan dokumen pengunduran diri, " Jelasnya.

Surat pengunduran diri yang dilapirkan, pertama surat pengajuan pengunduran diri. Kedua, surat tanda terima pengunduran diri dan Ketiga surat proses pengunduran bahwa sementara sedang berjalan.

"Ini tiga dokumen yang harus dimiliki. Itu dimasukan lima hari setelah ditetapkan pasangan calon. Kalaupun sekarang juga bisa, " Paparnya.

Fahmi Massiara gagal maju bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Majene 2020, karena tidak memenuhi syarat atau TMS.

Hal itu disampaikan KPU dalam rapat pleno terbuka penyampaian hasil verifikasi dokumen para bakal calon.

KPU mengumumkan di Kantor KPU Majene dihadapan para tim bapaslon, Senin (14/09/2020) kemarin. (*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved