Breaking News:

Citizen Reporter

Pembinaan Karakter Pemuda Buddhis Kota Makassar

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan wawasan pemuda pada bangsa dan negara Indonesia.

citizen/miguel
Para peserta kegiatan Pembinaan Karakter Pemuda Buddhis Kota Makassar menyimak materi yang dibawakan oleh YM Bhikkhu Silayatano di Ballroom Travellers Hotel Phinisi, Makassar, Sabtu (12/9/2020). 

Laporan Citizen Reporter

Oleh Miguel Dharmadjie

Penyuluh Agama Buddha Non PNS

TRIBUN-TIMUR.COM - Guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pemuda Buddhis terhadap agama
Buddha dan memiliki karakter sebagai umat Buddha, Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan “Pembinaan Karakter Pemuda Buddhis Kota Makassar” di Ballroom Travellers Hotel Phinisi, Makassar, Sabtu (12/9/2020).

Kegiatan yang diikuti oleh 55 orang pemuda dari berbagai organisasi buddhis ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan wawasan pemuda pada bangsa dan negara Indonesia.

Juga meningkatkan karakter pemuda Buddhis yang sesuai dengan Dhamma dan meningkatkan saddha/keyakinan pemuda buddhis terhadap ajaran Sang Buddha.

Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel H Anwar Abubakar serta dihadiri Pembimas Buddha Sulsel Pandhit Amanvijaya selaku penanggung jawab kegiatan dan Kuatno selaku ketua panitia.

Dalam pemaparan materi “Pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Pemuda Buddhis” Anwar menekankan pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan yang diintegrasikan dalam penyajian dan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan.

Ia lebih lanjut mengingatkan untuk memahami makna wawasan kebangsaan dan wawasan beragama serta arti moderasi beragama. Serta pentingnya mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam materi pengajaran  pada lembaga-lembaga pendidikan.

“Untuk itu perlunya mengadopsi kearifan lokal yang mencerminkan sikap saling menghargai, agar tidak terjadi pergeseran nilai, pergeseran karakter dan pergesertan etika pada generasi muda bangsa Indonesia,“ pesannya.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved