Breaking News:

Jatah Liga Champions Asia Hilang, Pengamat: Tanda Kualitas Liga Turun

Menurut penghitungan AFC, kompetisi di Indonesia mengalami penurunan poin. Alhasil Indonesia hanya mendapat jatah kompetisi klub asia kasta

Penulis: Alfian
Editor: Imam Wahyudi
TRIBUN TIMUR/ARDY MUCHLIS
Pengamat Sepakbola Makassar, sekaligus mantan Pemain PSM Makassar, Faisal Maricar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Federasi sepakbola Asia atau AFC memastikan Indonesia tak lagi mendapatkan jatah untuk Liga Champions Asia (LCA) 2021. Bahkan untuk jatah babak kualifikasi pun tak lagi ada.

Menurut penghitungan AFC, kompetisi di Indonesia mengalami penurunan poin. Alhasil Indonesia hanya mendapat jatah kompetisi klub asia kasta kedua yaitu AFC Cup.

Seperti diketahui sebelumnya di Indonesia kompetisi kasta tertinggi yang ada yakni Liga 1 Indonesia. Sejak 2018 lalu, melalui ajang ini Indonesia mengirimkan satu perwakilan yakni tim juara untuk berlaga di babak kualifikasi LCA.

Sementara untuk runner-up mendapat jatah tampil di AFC Cup. Terkecuali tahun 2019 lalu jatah AFC Cup milik juara Piala Indonesia, PSM Makassar.

Ini artinya dalam tiga tahun bergulirnya kembali Liga Indonesia sejak kompetisi dan PSSI dibekukan, tak ada peningkatan secara signifikan. Bahkan cenderung menunjukan penurunan kualitas.

"Yah ini bukti kualitas Liga Indonesia itu tak mengalami perbaikan, bahkan memang menurun. Itu faktanya," tegas pengamat sepakbola asal Makassar, Faisal Maricar, Senin (14/9).

Penurunan poin dan kualitas Liga 1 ini menurut mantan pemain PSM era 90an itu terlihat dari pengelolaan yang tak kunjung membaik. Semisal jadwal yang terus-terusan mengalami perubahan dan beberapa hal lainnya.

"Artinya semua harus introspeksi diri, PSSI dan PT LIB harusnya merasa ini ada yang salah. Bukan malah menganggap ini sesuatu yang biasa saja," tuturnya.

Sebelumnya Indonesia dipastikan tidak mendapatkan jatah di Liga Champions Asia musim 2021 meskipun hanya untuk sekedar tampil di babak kualifikasi.

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, yang mengatakan tahun depan Indonesia tak akan bisa tampil di Liga Champions Asia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved