Breaking News:

Tribun Toraja

Satu Pasien Covid-19 di Toraja Utara Meninggal Dunia, Dimakamkan Sesuai Protokol Kesehatan

Hal itu disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Toraja Utara.

Ist
Proses penguburan warga Toraja Utara, pasien ke-23 positif Covid-19 di Pemakaman Islam Buntulepong, Kecamatan Rantepao, Minggu (13/9/2020) siang 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Satu pasien covid-19 di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara meninggal dunia.

Hal itu disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Toraja Utara.

Pasien meninggal dunia terdata sebagai pasien ke-23 terkonfirmasi positif.

Seorang pria berusia 53 tahun berdomisili di Kelurahan Malango, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Pasien meninggal dini hari tadi dan sudah dilakukan penguburan secara protokol kesehatan Covid-19 menggunakan APD lengkap,” ujar Juru Bicara GTPP Covid-19 Toraja Utara, Anugrah Yaya Rundupadang, Minggu (14/9/2020).

Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada Tana Toraja.

Sementara hasil Swab Test menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM)  hasilnya positif terpapar Covid-19.

Kata Yaya, pasien 23 positif Corona tidak mengalami riwayat perjalanan sama sekali, namun ada pihak keluarga serumah dengan almarhum punya riwayat perjalanan dari luar daerah.

“Ada gejala demam disertai sesak nafas saat berada di RSUD Lakipadada Tana Toraja, yang sebelumnya pasien pernah periksa kesehatan di beberapa rumah sakit di Rantepao yang kemudian dirujuk karena dicurigai gejala Covid-19,” tambah Yaya.

GTPP Covid-19 Toraja Utara melakukan penulusuran terhadap keluarga pasien ke-23 yang dilakukan pemeriksaan Rapid Test terhadap anggota keluarga di rumah, terutama yang mengalami riwayat perjalanan.

“Keluarga maupun yang pernah kontak dengan pasien akan di Rapid Test, diminta keluarga isolasi diri 14 hari,” terangnya.

Informasi diterima dari kepolisian, proses penguburan terhadap pasien sudah dilangsungkan secara protokol kesehatan tepat pukul 10.54 Wita tadi.

Data Diskominfo-SP Toraja Utara, kasus Covid-19 di Toraja Utara sudah 23 pasien terdiri dari sudah sembuh 14 orang, isolasi diri (karantina setelah dinyatakan positif) 7 orang dan 2 orang telah meninggal dunia.

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved