Breaking News:

Kapal Penjaga China Berani Masuk Laut Natuna Utara, Usai Menhan Temui Prabowo, Meski Sudah Diusir

KN Nipah 321 milik Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) mencoba mengusir mengusir kapal penjaga China tersebut.

Editor: Waode Nurmin
Philippine Coast Guard (PCG)
4 Hari Menhan China Temui Prabowo dan Luhut, Kini Kapal Penjaga Pantai China Bercokol di ZEE Natuna . Kapal coast guard China bernomor lambung 5204 saat berkunjung ke Filipina Januari 2020. Kini kapal ini bercokol di ZEE Indonesia di Laut Natuna Utara. 

TRIBUN-TIMUR.COM -  Baru empat hari Menteri Pertahanan China Wei Fenghe berkunjung pada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menko Marinvest Luhut Pandjaitan di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, kini kapal penjaga pantai China arogan bercokol di ZEE Natuna Utara.

Kapal coast guard China (CCG) dengan nomor lambung 5204 terdeteksi di ZEE Laut Natuna Utara pada Sabtu (12/09/2020) pukul 10.00 WIB.

Kapal coast guard China dengan nomor lambung 5204 bersikeras mereka sedang berada di area nine dash line yang merupakan wilayah teritorial China.

Daftar Harga Hp Samsung Terbaru September 2020, Galaxy A11, Galaxy A01, Galaxy A21s, Spesifikasi

Menteri Edhy Prabowo Kabarnya Positif Covid-19, 2 Pekan Lalu ke Makassar Dijemput Darmawangsyah Muin

Padahal berdasarkan UNCLOS 1982 tidak diakui keberadaan nine dash line, dan kapal coast guard China 5204 sedang berada di area ZEEI.

Oleh sebab itu, KN Nipah 321 milik Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) mencoba mengusir mengusir kapal penjaga China tersebut.

tribunnews
Kapal Penjaga Pantai China Bernomor Lambung 5204 Bercokol di ZEE Natuna 12 September 2020 (Bakamla)

Namun hingga berita ini diturunkan, KN Nipah 321 masih berupaya menghalau CCG 5204 keluar dari ZEEI.

Berdasarkan rilis Bakamla RI, mereka sedang berkoordinasi dengan Kemenkopolhukam dan Kemenlu terkait hal ini.

Sebagai informasi, KN Nipah 321 adalah salah satu unsur Bakamla RI yang sedang melaksanakan operasi cegah tangkal 2020 di wilayah zona maritim barat Bakamla.

Operasi yang dilepas pada 4 September lalu di dermaga JICT Tanjung Priok oleh Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurnia, ini rencana akan digelar hingga akhir November 2020.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Menhan China Wei Fenghe, di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved