Breaking News:

Tribun Sinjai

Hama Babi Rusak Tanaman Warga Tellulimpoe, Bupati Sinjai Turun Tangan Atasi Keluhan Warga

Atas hama itu kemudian dikeluhkan warga selama ini dan ditanggapi oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa.

Ist
Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa bersama warga lepas kelompok peburu babi 

TRIBUNSINJAI.COM, TELLULIMPOE - Hama babi mengganggu dan merusak tanaman warga di Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Hama itu kemudian dikeluhkan warga selama ini dan ditanggapi oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa.

Lalu turun melepas masyarakat pemburu hama babi di desa tersebut, Minggu (13/9/2020) pagi.

Ratusan masyarakat dari tiga desa dan satu kelurahan resmi dilepas oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di Halaman Kantor Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe.

Camat Tellulimpoe Andi Saoraja Arie Lesmana mengatakan, perburuan hama babi ini dilakukan secara serentak yang dihadiri kurang lebih 200 orang se-Kecamatan Tellulimpoe.

" Kegiatan ini rutin dilakukan tiga bulan diawal musim kemarau. Dijadwalkan setiap hari minggu secara serentak," ucapnya.

Memang kata Andi Saoraja dari laporan masing-masing kepala desa setempat, hama babi ini banyak mengganggu tanaman para warga, khususnya tanaman pangan dan perkebunan.

"Jadi sambil menunggu musim kemarau berakhir dan untuk memulai musim tanam yang baru, hama babi ini perlu kita kendalikan populasinya sehingga tidak menganggu tanaman warga. Dengan begitu kita harapkan di musim tanam tahun depan warga bisa menghasilkan produksi tanaman yang cukup memuaskan," ungkapnya.

Bupati Andi Seto sangat merespon langkah dan inisiatif masyarakat Tellulimpoe dalam memberantas babi yang dapat merugikan masyarakat.

Apalagi jika hama babi menyerang semua tanaman masyarakat.

Sehingga dengan demikian, apa yang dilakukan oleh masyarakat juga sebagai upaya untuk mendukung sektor pertanian dan perkebunan

"Sebagai upaya memberantas hama babi yang sangat merugikan masyarakat tentu saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh masyarakat Tellulimpoe," katanya.

Tak hanya di Tellulimpoe hama babi resahkan warga tetapi juga di hama babi ganggu tanaman warga di Kecamatan Sinjai Tengah dan Sinjai Selatan. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved