Buka di Masa Pandemi, Kadar pH Air Wahana Rekreasi di Makassar Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Selain pembatasan jumlah pengunjung, pihak pengelola juga sudah menerapkan protokol kesehatan terkait kadar Ph dan klorin air sehat.

Istimewa
ILUSTRASI-Buka di Masa Pandemi, Kadar pH Air Wahana Rekreasi di Makassar Harus Patuhi Protokol Kesehatan 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Aktivitas luar ruang publik di Makassar memulih dengan pemberlakuan protokol kesehatan.

Memasuki bulan ke-7 pandemi global Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), misalnya aktivitas rekreasional kembali beroperasi.

Akhir pekan ini, misalnya, wahana hiburan air di timur Makassar, Bugis Waterpark Adventure dan Kolam Bukit Baruga mempromosikan event publiknya.

Ada fun bike, food festival, dan menikmati permandian.

Suasana dan penampakan wahana di bugis waterpark Baruga Antang Makassar
Suasana dan penampakan wahana di bugis waterpark Baruga Antang Makassar (TRIBUN-TIMUR.COM/DIWAN)

"Kita batasi dulu, 500 orang," ujar Ompu Rusli, staf marketing wahana air yang dikelola Kalla Development ini.

Wahana air modern seluas 6,3 Ha yang diklaim terluas di timur Indonesia ini idealnya berkapasitas hingga sekitar 1500, dengan 6 spot permainan.

Selain pembatasan jumlah pengunjung, pihak pengelola juga sudah menerapkan protokol kesehatan terkait kadar Ph dan klorin air sehat.

"Aman, Secara periodik, orang dinkes datang cek," ujarnya.

Bugis Water Park adalah satu dari sekitar 22 wahana permainan air, kolam renang berbayar yang ada di Kota Makassar.

Dalam catatan tribun-timur.com, wahana itu antara lain; Tirta Lontara di Panaikang, Kolam Renang Unhas di Tamalanrea, Kolam GOR Mattoanging, Bugis Water Park, Bukit Baruga Pool, Tirta Garden, Claro Pool, Permata Club House, Dalton Pool di Sudiang.

Kolam renang Fit Centrum CitraLand Celebes Makassar.
Kolam renang Fit Centrum CitraLand Celebes Makassar. (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)

Selanjutnya Tirta Kartika, Fams Pool Makassar, Fitcentrum, Citra Garden Pool, Karebosi Condotel Pool, The Rinra Pool, Makassar Golden Pool, Kamboja Water Pool, Kolam Renang Mario dan Kolam Renang Oskar.

Sejak akhir Agustus lalu, beberapa hotel juga sudah membuka fasilitas kolam airnya untuk publik di masa New Normal pandemi ini.

Hingga saat ini, tribun-timur.com belum mendapat informasi tambahan dan konfirmasi dari pihak lain.

Merujuk Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 416/Menkes/Per/IX/1990 kadar sisa klor yang diperbolehkan dalam air kolam renang adalah (0,2 - 0,5) mg/L dan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 32 Tahun 2017 Standar pH untuk kolam renang adalah 7,2 hingga 7.8.

Secara umum pengujian ini melihat apakah kadar kimiawi air yang diberi zat penjernih dan penjaga mutu air, apakah tak berbahaya, memerihkan mata atau memicu iritasi kulit.

Atas nama kesehatan publik, Otoritas pemgawas dari tenaga kesehatan lingkungan dari dinas kesehatan kabupaten/kota, memang secara rutin memantau dan menganalisa kadar PH air di kolam publik.

Dari aturan itu, Pengawasan eksternal dilaksanakan minimal sekali setahun.

Pemandian Umum adalah tempat dan fasilitas umum dengan menggunakan air alam tanpa pengolahan terlebih dahulu yang digunakan untuk kegiatan mandi, relaksasi, rekreasi, atau olahraga, dan dilengkapi dengan fasilitas lainnya.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved