Breaking News:

2 Mahasiswa Unhas dan UMI Selamatkan Muka Sulsel di Kompetisi Nasional MIPA 2020

Event KNMIPA yang diikuti 200 mahasiswa dari 42 kampus di Indonesia ini kali pertama digelar secara daring.

Instagram @puspresnas
Hasil perolehan medali Kompetisi Nasional MIPA 2020. Unhas dan UMI raih masing-masing satu medali 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM -- Dua mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Muslim Indonesia (UMI), menyelamatkan muka Sulsel usai meraih medali di ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2020 ini.

Keduanya membawa Unhas dan UMI masuk 10 besar annual event ini.

Mahasiswa UMI, Yugni Maula Thahira meraih medali perak bidang Biologi.

Sedangkan satu dari 3 mahasiswa Unhas; Syaifulllah Hi Nurdin (Matematika), Jeki Saputra (Matematika), Fajar Said Arif (Kimia), juga meraih medali perak di ajang tahunan nasional yang dihelat Pusat Prestasi Nasional (Puprenas) Kemendikbud.

Event KNMIPA yang diikuti 200 mahasiswa dari 42 kampus di Indonesia ini kali pertama digelar secara daring.

Seluruh tahapan kompetisi mulai dari pendaftaran, seleksi tingkat wilayah, sampai dengan seleksi tingkat nasional diselenggarakan secara daring dikarenakan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang pada umumnya belum mereda.

Sejatinya ada tujuh mahasiswa asal Sulsel dari 3 kampus yang ikut diajang yang digelar mulai 7 hingga 10 September 2020 ini.

Unhas meloloskan tiga, UMI dua masing-masing; Yugni Maula Thahira (Biologi) dan Muhammad Imam Arif (Fisika), dari Universitas Negeri Makassar (UNM) Tedi Sahrin (Fisika) dan debut delagasi Universitas Muslim Maros, Salmiah yang lolos kompetisi Matematika.

Direktur Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Asep Sukmayadi, M.Si menyebutkan, event ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan komprehensif menghasilkan mahasiswa yang memiliki daya saing dan kompetensi unggul dalam bidang MIPA.

Berdasarkan surat Nomor : 1280/J3/TU/2020 dan penilaian seleksi tingkat wilayah, Pusat Prestasi Nasionaldan Dewan Juri KN MIPA Tahun 2020 telah menetapkan peserta KN MIPA tahun 2020 yang lolos dan berhak masuk ke tingkat nasional.

Halaman
12
Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved