Breaking News:

Tribun Barru

Bahas Pertashop, Sekda Barru Ikuti Vidcon Kemendagri

Vidcon ini membahas Pertashop yang menjadi program nasional dan diharapkan dapat terserap di Desa atau Kecamatan di Indonesia.

Ist
Sekda Barru Abustan dan Plt Inspektur Abdul Rahim mengikuti Vidcon Pertashop bersama Kemendagri dan Pertamina di ruang Basic, Rabu (9/9/2020) 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Sekretaris Daerah (Sekda) Barru Abustan dan Plt Inspektur Abdul Rahim, mengikuti Vidcon Pertashop bersama Kemendagri dan Pertamina di ruang Barru Smart Information Center (Basic), Rabu (9/9/2020).

Vidcon ini membahas Pertashop yang menjadi program nasional dan diharapkan dapat terserap di Desa atau Kecamatan di Indonesia.

Pertashop adalah gabungan kata Pertamina Shop atau dapat diartikan tempat penjualan produk Pertamina (BBM dan Gas).

Ini upaya Pertamina untuk membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa, Koperasi serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia.

Melalui kerja sama tersebut, Pertamina menargetkan desa yang belum memiliki lembaga penyalur akan dibangun satu outlet Pertashop.

Sekda Barru Abustan mengatakan, hal ini akan dilakukan dibeberapa Desa yang representatif dan memenuhi syarat.

Ini diharapkan dapat terfasilitasi melalui skema BUMDes atau pola kemitraan lainnya.

"Kita akan implementasikan di Desa, mungkin pakai BUMDes dengan penanaman modal dari Keuangan Desa. Apalagi daerah seperti Palakka atau di Pujananting kadang mengalami kelangkaan utamanya Gas Elpiji," ujar Sekda Barru.

Untuk menyukseskan program ini, Pertamina telah menandatangani kerjasama dengan Kemendagri untuk kemudahan perijinan usaha.

Pada tahap awal pilot project dibeberapa desa yang ditunjuk dan selanjutnya akan dikembangkan di daerah lain yang membutuhkan.

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM, LPG dan juga pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Ini menjadi peluang usaha bagi mitra Pertamina di perdesaan.

Pertashop memiliki tiga kategori yakni Gold, Platinum dan Diamond. Lokasi dari desa ke SPBU, lebih dari 10 Km atau berlokasi di kecamatan yang belum terdapat SPBU atau sesuai hasil evaluasi.

Pertamina mengembangkan dua skema kerja sama, yakni skema investasi dengan mitra atau desa atau skema investasi Pertamina.

Laporan wartawan Tribunbarru.com, Darullah, @uull_darullah.

Penulis: Darullah
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved