Breaking News:

Proyek Revitalisasi Sungai Mata Allo Enrekang Habiskan Rp 13,8 Miliar

Proyek itu dianggarkan melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Enrekang dengan sumber anggaran dari APBD bantuan provinsi 2020.

TRIBUN TIMUR/AZIS ALBAR
Proyek Revitalisasi Anjungan Sungai Mata Allo untuk destinasi wisata di Kota Enrekang telah mulai dikerjakan sejak dua bulan lalu. 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Proyek Revitalisasi Anjungan Sungai Mata Allo untuk destinasi wisata di Kota Enrekang telah mulai dikerjakan sejak dua bulan lalu.

Proyek revitalisasi sungai mata Allo tersebut bakal menelan anggaran sebesar Rp 13,8 miliar.

Proyek itu dianggarkan melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Enrekang dengan sumber anggaran dari APBD bantuan provinsi 2020.

Kepala Bidang Pengembangan Kemitraan dan Destinasi Pariwisata Dispopar Enrekang, Maryadi mengatakan, dari revitalisasi Sungai Mata Allo diharapkan nantinya bisa menjadi destinasi wisata.

Serta juga sebagai talud baru penahan air yang lebih tinggi demi meminimalisir terjadinya banjir di area tepi Sungai Mata Allo.

Selain itu, dari revitalisasi tersebut akan menhadirkan ikon baru Kota Enrekang, karena selama ini ikon kota Enrekang masih kurang.

"Makanya kita bangun salah satu pilihan destinasi wisata yang beanfaat nagi masyarakat bersumber dari APBD bantuan provinsi," kata Maryadi, Selasa (8/9/2020).

Ia menjelaskan, saat ini progres pengerjaannya baru mencapai sekitar 26 persen.

Menurutnya, progresnya sedikit lambat karena ada redesign sebab pertemuan awal konsultan perencana dan konsultan SID ada kesepakatan bahwa bakal mengambil penampang terjauh dari kolom depan talud itu rencana awal 8 meter.

Namun pada akhirnya hasil disepakati oleh Balai Pompengan juga hanya sampai 5 meter yang diperkuat dengan izin dari KemenPUPR Dirjen sumber daya air RI.

"Kita semata-mata mengikut kepada balai KemenPUPR tentang pemberian izin penggunaan sumber daya air kepada Dispopar untuk konstruksi anjungan di Sungai Mata Allo," ujarnya.

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved