Breaking News:

Tribun Palopo

BHP Makassar Berkunjung Ke Palopo, Wawali Harap Adanya Program Sosialisasi Lanjutan

Tim BHP menyampaikan maksud kedatangan untuk berkoordinasi dengan pemerintah sebagai salah satu wilayah kerjanya.

Ist
Tim Balai Harta Peninggalan (BHP) Makassar melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (8/9/2020) 

TRIBUNPALOPO.COM, WARA -Tim Balai Harta Peninggalan (BHP) Makassar, melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (8/9/2020).

Disambut Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) diruang kerjanya.

Tim BHP menyampaikan maksud kedatangan untuk berkoordinasi dengan pemerintah sebagai salah satu wilayah kerjanya.

"Balai Harta Peninggalan memiliki tugas yang sangat strategis karena mewakili dan melindungi orang yang tidak cakap dibidang hukum, karena Hukum atau Penetapan Hakim berdasarkan peraturan perundang-undangan," jelas, Kasi HP Wil III Balai Harta Peninggalan, Ibnu Qayyim.

Undangan-undang yang dimaksud, lanjut Ibnu Qayyim, meliputi perwalian, pengampuan, ketidakhadiran, harta tak terurus, kurator dalam kepailitan.

"Salah satu contoh tugas Balai untuk melindungi aset anak dalam perwalian agar aset yang ditinggalkan orang tua tdk disalahgunakan oleh Wali si Anak," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palopo Rahmat Masri Bandaso (RMB) menginginkan dari pertemuan tersebut, tim BHP membuat program sosialisasi kepada pemerintah daerah terkait tugas dan tupoksi yang ada dalam BHP.

Menurut RMB, masih banyak bagian dari pemerintah maupun masyarakat Kota Palopo yang belum mengetahui adanya lembaga tersebut.

"Pemerintah Kota Palopo siap bersinergi. Kalau bisa harus ada program sosialisasi yang dilakukan untuk lebih memperkenalkan lembaga ini kepada internal pemerintah maupun masyarakat," katanya.

RMB juga menceritakan tentang contoh kasus proses peralihan aset salah satu warga di Kota Palopo dan salah satu ahli waris dianggap tidak cakap.

Sehingga tidak mendapatkan hasil penjualan aset dan pada akhirnya diserahkan untuk masyarakat umum.

Dengan adanya kunjungan Tim Balai Harta Peninggalan Makassar, memberi informasi bahwa hal tersebut menjadi ranah Balai Harta Peninggalan untuk mewakili dan melindungi Hak dari orang yang tidak cakap tersebut.

"Kami pada prinsipnya siap mendukung upaya Balai Harta Peninggalan Makassar untuk melaksanakan tugas dan fungsinya di Kota Palopo demi perlindungan hukum bagi Masyarakat kota Palopo" Pungkas RMB.

Laporan Wartawan TribunPalopo.Com, @hamdansoeharto_

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved