Breaking News:

Tribun Wajo

Curhat ke DPRD Wajo, Warga Desa Lampulung Persoalkan Proyek Revitalisasi di Cenranae

Mereka menyampaikan aspirasi perihal permasalahan pekerjaan proyek revitalisasi daerah irigasi (DI) Cenranae di Desa Lampulung.

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH
Sejumlah masyarakat dari Desa Lampulung, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo mendatangi Kantor DPRD Wajo, Senin (7/9/2020). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Sejumlah masyarakat dari Desa Lampulung, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo mendatangi Kantor DPRD Wajo, Senin (7/9/2020).

Mereka menyampaikan aspirasi perihal permasalahan pekerjaan proyek revitalisasi daerah irigasi (DI) Cenranae di Desa Lampulung.

Revitalisasi daerah irigasi tersebut ditolak warga, lantaran adanya kekhawatiran akan berdampak ke pemukiman warga di sekitar daerah irigasi.

Warga berharap, agar dibuatkan saluran irigasi tertutup. Apabila tidak dibuatkan saluran tertutup pada kanal, maka akan menimbulkan banjir sehingga akan menimbulkan konflik sosial dengan masyarakat.

"Solusinya yaitu menunjukkan bahwa Danau Lampulung sebagai pusat aliran Kanal Basri Palaguna, dan meminta kepada pelaksana proyek untuk membuat saluran tertutup supaya air langsung mengalir ke Danau Lampulung," kata warga, Firdiansyah.

Masyarakat pun meminta kepada anggota DPRD Wajo, serta dinas terkait untuk turun meninjau langsung proyek revitalisasi.

Sebab, sekali waktu pemenang tender proyek pernah bertemu dengan kepala desa, dan disampaikanlah keluhan masyarakat, namun lain juga hal dikerjakan di lapangan.

Sementara, menurut Kabid Irigasi Dinas PUPR Kabupaten Wajo, Andi Irwan Hamzah, proyek revitalisasi itu adalah proyek pemerintah provinsi dengan menggunakan dana hibah.

Sejatinya, pengerjaan proyek dilakukan tahun lalu, tapi baru terealisasi tahun ini.

"Sosialisasi terkait proyek rehabilitasi sudah dilaksanakan tahun sebelumnya dan sudah ada persetujuan dari masyarakat, namun saat ini ada penolakan dari sebagian masyarakat Desa Lampulung," katanya.

Olehnya, anggota DPRD Wajo, Asri Jaya Latif yang menerima aspirasi tersebut mengatakan akan segera menyampaikan aspirasi tersebut ke pimpinan DPRD Wajo.

"Kita akan sampaikan ke pimpinan dan pimpinan akan disposisi ke komisi terkait, dalam waktu dekat ini kita akan tinjau," katanya.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved