Breaking News:

Citizen Reporter

Entaskan Buta Aksara, Unibos Rekrut Relawan Baca

Pelatihan ini diselenggarakan di Desa Lembang Lohe, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Juni hingga Juli 2020.

citizen/fathimah
Universitas Bosowa 45 Makassar bekerjasama dengan pemerintah desa melaksanakan Pelatihan Recruitmen dan Upgrading Relawan Baca sebagai Tutor Pelaksana. Pelatihan ini diselenggarakan di Desa Lembang Lohe, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Juni hingga Juli 2020. 

Laporan Citizen Reporter
Fathimah Az Zahra Nasiruddin
dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM - Universitas Bosowa Makassar bekerjasama dengan pemerintah desa melaksanakan Pelatihan Recruitmen dan Upgrading Relawan Baca sebagai Tutor Pelaksana.

Pelatihan ini diselenggarakan di Desa Lembang Lohe, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Juni hingga Juli 2020.

Berbagai kalangan terlibat dalam kegiatan ini. Di antaranya Ketua Pelaksana Program Desa Literasi Fathimah Az Zahra Nasiruddin beserta tim yakni Susalti Nur Arsyad, dan Ramli. Semuanya merupakan dosen Universitas Bosowa.

Selain itu adapun mitra pengelola Rumah Pintar sebagai koordinator dan fasilitator adalah Ramlah. Relawan baca yang turut membantu yaitu karang taruna, penggiat literasi Kec.amatan Kajang, bidan desa, guru sekolah, mahasiswa, perwakilan Dusun Arajang, Dusun Tanatea, dan Dusun Usa.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat bertambahnya pengetahuan khususnya anak putus sekolah dan orang tua buta akasara melalui pembinaan dan proses belajar mengajar dengan metode Baca Tulis Hitung (Calistung).

Sehingga pola pikir masyarakat bisa berubah ke arah yang lebih baik dan maju serta merasakan pentingya belajar.

Ketua Pelaksana Program, Fatimah mengungkapkan pentingnya diselenggarakan kegiatan ini untuk mengentaskan buta aksara terutama di desa-desa terpencil.

"Kegitan ini dilakasnakan untuk membentuk SDM baru, struktur relawan baca dan memberikan stimulus bagi masyarakat Desa Lembang Lohe tentang pembiasaan membaca," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Lembang Lohe Edi Haryono memberikan motivasi dan apresiasi kepada fasilitator.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama melancarkan kegiatan ini, semoga program ini berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan," tuturnya.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved