Breaking News:

Tribun Bone

14 Ribu PBI BPJS Kesehatan Bermasalah, Tidak Berdomisili Bone dan Meninggal Dunia Masih Dibayarkan

Menurut Sekretaris Komisi IV DPRD Bone, Andi Akhiruddin, data 14 ribu tersebut selalu dibayarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bone.

TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI
Suasana rapat Komisi IV DPRD Bone dengan OPD hingga subuh tadi, Jumat (14/8/2020) 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), menemukan 14 ribu data Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan  bermasalah.  

Menurut Sekretaris Komisi IV DPRD Bone, Andi Akhiruddin, data 14 ribu tersebut selalu dibayarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bone.

Sementara,  sudah ada yang tidak berdomisili di Bone, bahkan ada yang meninggal dunia.

"Dari data 14 ribu PBI BPJS Kesehatan, banyak yang berpindah dan tidak menetap di Bone. Bahkan, ada yang meninggal dunia," ucapnya kemarin. 

Jumlah yang dibayarkan untuk 14 ribu PBI BPJS Kesehatan setiap tahunnya sebanyak Rp 231 juta. Pemerintah menanggung Rp 16.500 dari total Rp 42 ribu per orang. 

Kata Andi Akhiruddin,  itupun belum dilakukan verifikasi secara keseluruhan. Baru sebagian kecil. 

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone, Andi Islamuddin mengatakan, Pemda Kabupaten Bone akan melakukan sinkronisasi dan verifikasi data dengan BPJS.

Sinkronisasi dan verifikasi data, kata dia, untuk mengecek kebenaran sejumlah data tersebut, apakah benar telah meninggal dunia dan telah berpindah.

Ia pun akan memanggil organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menyelesaikan masalah ini.

"Kita tidak ingin membayar orang yang sudah meninggal dunia dan telah berpindah. Kita akan sinkronisasi dan verifikasi data dengan memanggil instansi terkait dan BPJS. Semua OPD harus hadir. Kita cari di mana letak masalahnya dan solusinya bagaimana," tegasnya. 

Laporan Wartawan TribunBone.com, Kaswadi Anwar 

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved