Breaking News:

Tribun Bone

Desa Baringeng Bone Bakal Jadi Desa Penghasil Jahe

Desa Baringeng, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal menjadi desa penghasil jahe.

ISTIMEWA
Panen jahe di Desa Baringeng, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) Rabu (292020). 

TRIBUNBONE.COM, LIBURENG - Desa Baringeng, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal menjadi desa penghasil jahe.

Sekretaris Camat Libureng, Andi Syamsul Mursya mengatakan pengembangan tanaman jahe di Desa Baringeng sejak 2005. Awalnya luas lahan tanaman jahe hanya 10 hektar.

Kemudian semakin meluas. Hingga tahun 2020 luas lahan jahe telah mencapai 110 hektar.

"Di tahun 2005 hanya 10 hektar lahan jahe. Kini di tahun 2020 sudah seluas 110 hektar dengan jumlah petani sebanyak 170 orang," kemarin.

Awalnya, kata dia, bibit jahe berasal dari Kecamatan Mallawa dan Camba, Kabupaten Maros. Namun, kini Kecamatan Mallawa membeli bibit jahe di Desa Baringeng.

Menurutnya, Desa Baringeng sangat ideal untuk menanam jahe. Desa ini berada di ketinggian 600 mdpl dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Bontocani.

Lanjut Andi Syamsul, masa tanam jahe dilakukan di bulan November dan Desember.
Sementara masa panen dilakukan di bulan Agustus dan September.

"Kebutuhan bibit per hektarnya 1.400 kilogram. Dengan hasil produksi 25 ribu kilogram hingga 30 kilogram," tuturnya.

Namun, harga jahe tahun ini mengalami penurunan. Harganya hanya Rp 21 ribu per kilogram. Padahal di tahun 2018 dan 2019 harga jahe mencapai Rp 35 ribu per kilogram.

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle mengapresiasi inisiatif Kepala Desa Baringeng dalam meningkatkan kesejahteraan warganya dengan menanam jahe.

"Apa yang dilakukan Petta Desa perlu dijadikan contoh untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Tidak apa-apa kita meniru demi kebaikan, apalagi pangsa pasar jahe saat ini sangat dibutuhkan," katanya usai panen perdana jahe di Desa Baringeng.

Ia berharap pengembangan tanaman jahe terus dikembangkan warga Desa Baringeng.

"Saya mewakili pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada masyarakat Desa Baringeng atas panen perdananya. Semoga terus melakukan inovasi dalam pengembangan jahe," ucapnya.

Laporan Wartawan TribunBone.com, Kaswadi Anwar

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved