Breaking News:

OPINI

Film Tilik dan Wilayah Kekuatan Perempuan

Dalam kesempatan apapun, gosip menjadi peluang besar bagi masyarakat untuk dilakukan.

ist
Qudratullah, S.Sos., M.Sos. 

Qudratullah, S.Sos., M.Sos.

Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone

KECENDERUNGAN perempuan dalam melakukan komunikasi dalam berbagai konteks membuat perempuan seringkali dijadikan sumber informasi. Meskipun keakurasiannya belum dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Hanya saja, itulah yang disebut gaya alamiah ‘perempuan’ kebanyakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dari kita pun mungkin akan setuju jika menganggap bahwa gosip yang identik dengan perempuan adalah sebuah bentuk komunikasi yang kurang menyenangkan.

Meski begitu, kebiasaan ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi perempuan.  Dalam kesempatan apapun, gosip menjadi peluang besar bagi masyarakat untuk dilakukan. Dalam komunikasi yang dilakukan tersebut, akan terdapat beberapa pihak yang pro dan kontra.

Layaknya sebuah diskusi, akan terjadi sebuah perundingan meski pada akhirnya dalam gosip tidak ada keterbukaan terhadap objek yang diperbincangkan.

Film Tilik yang diproduksi tahun 2018 dan viral pada tahun ini memberikan gambaran bagaiaman kehidupan perempuan di berbagai aspek. Buka hanya itu, ada kekuatan yang dimiliki perempuan sebagai sebuah kontrol sosial yang dilakukan secara alamiah.

Dibuka dengan perbincangan di atas truk, film ini memberikan tayangan yang menarik untuk ditonton lebih jauh. Terlebih dengan pembingkaian perempuan yang jenaka. Hingga pada akhirnya kesadaran penonton muncul terhadap realitas yang terjadi selama ini.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan kontribusi akan cepatnya laju informasi yang mendukung pembahasan gosip perempuan saat ini. Opinion leader akan memberikan pengaruh atas pergeseran pola pikir dan perilaku masyarakat.

Opinon leader merupakan seseorang yang cenderung memberikan pengaruh sikap dan perilaku  orang lain untuk bertindak dalam cara tertentu secara informal. Mereka seringkali diminta nasihat dan pendapatnya mengenai sesuatu perkara oleh anggota sistem sosial lainnya.

Halaman
123
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved