Breaking News:

Sunway Medical Centre

Apa Itu Wasir & Apa Penyebab Wasir?

Apa itu wasir? Wasir juga dikenal sebagai ambeiyen, pembesaran hemoroid, pembesaran pembuluh darah anus dan rektum bagian bawah

Editor: Suryana Anas
Sunway Medical Centre
Sunway Medical Centre, salah satu rumah sakit multi-disiplin terbesar di Malaysia dan berada di Sunway Resort City 

Sunway Medical Centre, salah satu rumah sakit multi-disiplin terbesar di Malaysia dan berada di Sunway Resort City, sebuah lokasi yang sangat strategis tak jauh dari Sunway Lagoon, Sunway Hotel, Sunway Pyramid Mall, Sunway University dan Monash University membuat Sunway Medical Centre (SunMed) menjadi pilihan favorit karena mudah dijangkau dan menawarkan pengalaman perawatan yang komprehensif bagi pasien.

RS Sunway adalah Rumah Sakit Swasta dengan fasilitas terkini dan termodern yang dilengkapi dengan alat perawatan kanker antaranya Gamma Knife ICON, Truebeam STX, IORT (KankerPayudara), Da Vinci (Kanker Prostate), brachytherapy (kanker Serviks), PET-CT Scan and Spect-CT Scan.

RS Sunway mempunyai hampir 200 dokter spesialis, lebih daripada 25 pusat keunggulan, melayani pasien internasional dari 130 negara dan menerima hampir setengah juta pasien tiap tahun.

Apa itu wasir?

Wasir juga dikenal sebagai ambeiyen, pembesaran hemoroid, pembesaran pembuluh darah anus dan rektum bagian bawah. Ada 2 jenis:

i) Wasir eksternal:
Berada di dekat anus dan ditutupi oleh kulit yang sangat sensitif. Ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi jika gumpalan darah (trombus) berkembang menjadi wasir eksternal, menjadi menyakitkan dan keras. Mungkin berdarah jika pecah.

ii) Wasir internal:
Berada dalam anus di bawah pembatas. Ditandai dengan perdarahan tanpa rasa sakit dan tonjolan selama buang air besar. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang parah jika benar-benar prolaps dari lubang anus dan tidak dapat didorong kembali ke dalam.

2. Apa yang menyebabkan wasir?

Penyebab pasti tidak diketahui. Namun, postur tegak manusia saja memaksa banyak tekanan pada pembuluh darah rektum, yang kadang menyebabkan menjadi menonjol. Faktor-faktor lain yang berkontribusi termasuk penuaan, kehamilan, riwayat keluarga, sembelit kronis atau diare, mengejan saat buang air besar, terlalu sering menggunakan obat pencahar atau enema dan menghabiskan waktu yang lama di toilet untuk membaca atau bermain ponsel.

3. Apa gejalanya?
- Berdarah saat buang air besar
- Ada benjolan saat buang air besar
- Rasa sakit
- Benjolan sensitif
- Gatal di sekitar area anus

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved