Breaking News:

Kesehatan

Yuk, Kenali Gejala Awal Kanker Paru-paru Stadium Awal Agar tidak Menyesal

Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit mematikan dengan tingkat kematian yang tinggi di dunia. Ada baiknya dilakukan pemeriksaan dini.

rtmagazine.com
Ilustrasi Kanker paru-paru 

TRIBUN-TIMUR.COM - Salah satu penyakit mematikan yang banyak diderita masyarakat adalah, kanker paru-paru. Sayangnya, terkadang para penderita di stadium awal, jarang mengetahui jika dirinya telah terdiagnosis penyakit ini.

Gejala penyakit ini baru terasa setelah memasuki stadium lanjut. Jika sudah demikian, biasanya, pengobatannya makin rumit dan tingkat kesembuhannya juga makin kecil.

Oleh karena itu, orang-orang yang berpotensi mengidap kanker paru-paru dianjurkan untuk melakukan deteksi dini agar penyakit tersebut bisa ditangani secepatnya.

Berdasarkan data dari WHO, kanker paru-paru saat ini menempati urutan pertama kematian tertinggi akibat kanker di dunia.

Salah satu penyebab angka kematian yang tinggi ini adalah, sulitnya mendiagnosis gejala yang ditimbulkan dari kanker paru secara dini, sehingga banyak kasus kanker paru baru terdiagnosis ketika telah memasuki stadium lanjut yang sulit tertangani.

Berikut gejala-gejala kanker paru-paru stadium awal yang perlu diketahui:

Tidak mudah menyadari keberadaan gejala kanker paru-paru pada stadium awal, karena kebanyakan dari gejala penyakit ini tidak khas dan seringkali mirip dengan penyakit lain, seperti tuberkulosis, efusi pleura, pneumonia, bronkitis, dan abses paru.

Gejala yang dapat muncul pada kanker paru stadium awal, antara lain:

Halaman
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved