Breaking News:

OPINI

Membangkitkan Kembali Ekspor Kerapu

Satu di antara beberapa kebijakan yakni menghidupkan kembali ekspor Kerapu yang sempat terbengkalai.

Isa Sabriana
Isa Sabriana, Peneliti di Pusat Studi Kemanusiaan dan Pembangunan (PSKP) dan Mahasiswa Universitas Hasanuddin 

Oleh: Isa Sabriana, Peneliti di Pusat Studi Kemanusiaan dan Pembangunan (PSKP) dan Mahasiswa Universitas Hasanuddin

Meski masih seumur jagung selama menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo tergolong berani dalam menunjukkan keseriusannya untuk membangkitkan kembali perekonomian dari sektor perikanan.

Berbagai gebrakan Menteri Edhy lakukan untuk menyelamatkan dan menghidupkan kembali roda perekonomian pada sektor perikanan ini.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah melakukan pengkajian ulang beberapa kebijakan yang dianggap lebih merugikan dibandingkan memberi manfaat dengan juga mempertimbangkan hak dan kepentingan para nelayan yang belum terwujud.

Satu di antara beberapa kebijakan yakni menghidupkan kembali ekspor Kerapu yang sempat terbengkalai.

Berbagai tanggapan dan kritik bermunculan terhadap kebijakan KKP terbaru, yang dianggap kurang efektif. Tetapi, penulis akan mengkaji sejumlah faktor dibalik keinginan merevisi kebijakan tersebut.

Defisit Negara

Ketika diberlakukan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) No. 32/2016 tentang Perubahan atas Permen KP Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kapal Pengangkut Ikan Hidup, telah berhasil membuat stakeholder kalang-kabut dalam menyikapinya.

Kebijakan itu memberikan dampak negatif bagi para pembudidaya kerapu, juga berimplikasi terhadap defisit yang dialami negara.

Kebijakan ini dianggap mematikan sekitar 80 persen usaha budidaya kerapu. Keadaan yang menyulitkan terkait perizinan kapal pengangkut ikan hidup lokal, akhirnya justru didominasi oleh kapal asing yang berhasil memperoleh izin.

Halaman
123
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved