Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Lansia dan Penyandang Disabilitas di Luwu Timur Diberdayakan Lewat Bantuan Sosial KUBE

Penyandang disabilitas dan orang lanjut usia (lansia) di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) diberikan bantuan sosial.

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Suryana Anas
Pemkab Luwu Timur
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler pada acara penyerahan bantuan sosial di Gedung Simpurusiang, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Selasa (482020). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Penyandang disabilitas dan orang lanjut usia (lansia) di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) diberikan bantuan sosial.

Mereka diberikan bantuan yang terdata dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler mengatakan, bantuan sosial adalah program yang dipersiapkan untuk pengentasan kemiskinan di Luwu Timur.

Menurut Husler, program yang dijalankan ini sudah terlihat hasilnya dengan adanya penurunan angka kemiskinan beberapa tahun terakhir ini di Luwu Timur.

"Bahkan di Sulawesi Selatan angka kemiskinan Luwu Timur merupakan paling rendah diantara kabupaten lain," kata Husler di Gedung Simpurusiang, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Selasa (4/8/2020).

Itu disampaikan Husler di acara penyerahan bantuan sosial secara simbolis Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Luwu Timur, Sukarti kepada KUBE Bersinar Desa Manurung.

Serta LKSA Ahlu Suffa Kecamatan Towuti, perwakilan lansia Kecamatan Malili dan perwakilan penyandang disabilitas dari Kecamatan Angkona.

Husler menambahkan, isu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah masalah utama dalam pembangunan.

Khususnya penanganan keluarga fakir miskin termasuk diantaranya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Jadi saya mengharapkan (bantuan) dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Husler.

Ia meminta dinas terkait, lembaga masyarakat di kecamatan dan desa agar bersama memantau perkembangan bantuan yang diberikan khususnya KUBE tersebut agar berhasil.

"Sehingga nantinya dampaknya bisa dirasakan bukan hanya kepada penerima bantuan tetapi masyarakat sekitar juga ikut merasakannya," imbuh Husler.

Bantuan sosial APBD tahun 2020 mengalokasikan bantuan dana sosial bagi 27 KUBE fakir miskin, 30 lansia, 20 orang disabilitas dan 250 orang anak panti di 11 kecamatan di Luwu Timur.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, vanbo19

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved