Breaking News:

KUR Tani

Sinergi BNI dan Kementan Beri Stimulus ke Petani Sulsel

Kementerian Pertanian memfasilitasi akses pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani pada sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan.

BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kanwil Makassar Bersama Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan pemerintah provinsi dan kabupaten, merealisasikan upaya akselerasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kanwil Makassar Bersama Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan pemerintah provinsi dan kabupaten, merealisasikan upaya akselerasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani.

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi usaha masyarakat tani dan ekosistem pendukung pertanian lainnya.

Dalam rangkaian kunjungan kerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Sulawesi Selatan baru-baru ini, BNI Kantor Wilayah Makassar dan segenap cabang BNI turut aktif mengawal program yang dicanangkan pemerintah pusat dan daerah.

Khususnya, Kementerian Pertanian dengan memfasilitasi akses pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani pada sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan.

Pemimpin Wilayah BNI Makassar, Hadi Santoso menegaskan, BNI menyambut positif program pemerintah khususnya di kementerian Pertanian sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional.

"Khusus Sulawesi Selatan, BNI komitmen untuk menyalurkan KUR Tani kepada para petani sesuai sektor ekonomi unggulan pada masing-masing daerah, utamanya melalui pembiayaan secara clustering, menggarap value chain dari hulu ke hilir, serta pengembangan teknologi smartfarming dengan menggandeng start-up di bidang tersebut," katanya, Minggu (2/8/2020).

Berdasarkan permenko Nomor 8 Tahun 2019 tentang pelaksanaan KUR, Bunga KUR Tani menjadi 6 persen dengan jangka waktu maksimal 5 Tahun.

Dengan harapan, petani bisa memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mendapatkan pembiayaan dengan syarat yang mudah.

"Apalagi produk hasil pertanian menjadi backbone ekonomi Sulsel, diharapkan menjadi katalisator bagi daerah lain khususnya di Kawasan Indonesia Timur yang memiliki potensi hasil sumber daya alam yang melimpah untuk terus meningkatkan kapasitas produksi pertanian," kata pria yang baru saja menahkodai BNI se-Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku ini.

Selama kunjungan kerja menteri pertanian di Sulawesi Selatan , juga turut diserahkan kredit KUR kepada petani di Kabupaten Wajo.

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved