Iduladha 1441 H

Belum Punya Masjid, Warga Perumahan di Perbatasan Makassar-Maros Kadang Lupa Salat Jumat

Perumahan ini berjarak sekitar 500 meter dari perbatasan Makassar-Maros. Kebanyakan warganyas masih ber-KTP Makassar

Editor: AS Kambie
dok.tribun
Warga Royal Sentraland BTP takbir menjelang Salat Iduladha di Lapangan Bulutangkis Cluster Glasgow, Parangloe, Maros, Jumat (31/7/2020) pagi 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dua klaster perumahan sudah dihuni di Royal Sentraland BTP, Parangloe, Maros. Perumahan ini berjarak sekitar 500 meter dari perbatasan Makassar-Maros. Kebanyakan warganyas masih ber-KTP Makassar.

Royal Sentraland BTP terletak di belakang Kompleks Bumi Tamalanrea Permai (BTP). Sejumlah fasililtas umum sudah disediakan. Termasuk lapangan bulutangkis yang dijadikan tempat Salat Iduladha, Jumat (31/7/2020).

Selain tempat berolahraga, Lapangan Bulutangkis Cluster Glasgow juga disulap warga jadi panggung hiburan.

“Jadi yang takbir menjelang Salat Iduladha ini juga yang sering karaoke di Lapangan Bulutangkis Cluster Glasgow ini,” kata tokoh masyarakat Royal Sentraland BTP, Muh Hamka Syah, usai pelaksanaan Salat Iduladha, Jumat (31/7/2020) pagi.

Warga Royal Sentraland BTP foto bareng khatib dan imam usai Salat Iduladha di Lapangan Bulutangkis Cluster Glasgow, Parangloe, Maros, Jumat (31/7/2020).
Warga Royal Sentraland BTP foto bareng khatib dan imam usai Salat Iduladha di Lapangan Bulutangkis Cluster Glasgow, Parangloe, Maros, Jumat (31/7/2020). (Courtesy: Muh Hasyim Landang)

Ratusan warga Royal Sentraland BTP Salat Iduladha di Lapangan Bulutangkis Cluster Glasgow, Parangloe, Maros, Jumat (31/7/2020).

Bertindak sebagai imam pembina Pondok Pesantren Hidayatullah Ustad Muhajir, khatib alumnus Pondok Pesantren DDI Mangkoso Ustad AS Kambie.

Protokol kesehatan diterapkan dalam proses pelaksanaan Salat Id di Royal Sentraland BTP. Petugas sekurity sudah melakukan pengecekan suhu badan jamaah di pintu gerbang kompleks. Panitia standby di dua pintu masuk lokasi Salat Id. Mereka menyemprotkan disinfektan ke jamaah yang akan memasuki lokasi.

Jamaah yang lupa membawa masker juga langsung diberikan atas pengaman diri tersebut.

“Sudah ada seribuan warga yang tinggal di Royal Sentraland BTP. Rata-rata mereka mulai menetap di sini masih dalam hitungan bulan,” kata AM Hamka, tokoh masyarakat Royal Sentraland BTP.

Menurut Hamka, tahun 2018 lalu, lokasi perumahan Royal Sentraland BTP masih berupa hamparan sawah dan rawa. Hamka mulai menetap di Royal Sentraland BTP enam bulan lalu.

“Salat Idulfitri yang lalu, kita tidak laksanakan Salat Id di sini karena kami semua warga baru dan belum sempat saling berkoordinasi,” kata Hamka.

Warga Royal Sentraland BTP lainnya, Muh Hasyim Landang, mengatakan, pelaksanaan Salat Iduladha tersebut hanya dirancang tiga hari.

“Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik dan diikuti ratusan orang,” kata Hasyim.
Sebelumnya, Hamka dan Hasyim tinggal di Daya, Makassar. Mereka hijrah ke Royal Sentraland BTP setelah pihak pengembang menyelesaikan pembangunan rumah mereka.

“Kami rata-rata sudah mulai menyicil sejak tagun 2018. Waktu itu masih berupa sawah dan rawa. Setiap kami datang menanyakan lokasi rumah kami, pihak pengembang hanya tunjuk sawah dan rawa. Deh, sekarang sudah selesai dan tampak indah seperti ini,” jelas Hasyim.

Sudah dua klaster selesai dibangun dan ditempati di Royal Sentraland BTP. Sejumlah fasililtas umum sudah disediakan. Termasuk lapangan bulutangkis yang dijadikan tempat Salat Id.
“Kita sepakat gunakan lapangan bulutangkis ini untuk Salat Id karena kita belum punya masjid. Kami berharap pengembang segera menyediakan tempat dan membangunkan masjid,” kata Hamka.

Menurut warga Royal Sentraland BTP sangat kesulitan untuk salat berjamaah. Lokasi ini agak terpisah dari pemukiman lain yang ada masjidnya.

“Kami harus ke BTP atau Daya untuk salat berjamaah. Kalau hari Jumat kadang kami lupa kalau Jumat karena tidak ada suara-suara dari masjid,” kata Hamka.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved