Tribun Bone

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harapkan Bone Manfaatkan Potensi Kekayaan Intelektual

Ada empat yang telah dikenal, seperti songko recca atau biasa disebut songkok to Bone, badik Bone, beppa ogi (kue bugis), dan mappalanca.

TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI ANWAR
Foto bersama Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto dan Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi di Rujab Bupati Bone, Rabu (29/7/2020). 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Harun Sulianto melakukan kunjungan kerja dengan Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi di Rumah Jabatan Bupati di Jl Petta Punggawa, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang, Rabu (29/7/2020) malam.

Dalam pertemuan tersebut, berbagai hal dibahas. Mulai dari data potensi kekayaan intelektual di Kabupaten Bone, harmonisasi produk hukum daerah, layanan keimigrasian dan koordinasi terkait Kabupaten Bone kota peduli HAM.

Menurut Harun, Kabupaten Bone memiliki banyak potensi kekayaan intelektual.

Ada empat yang telah dikenal, seperti songko recca atau biasa disebut songkok to Bone, badik Bone, beppa ogi (kue bugis), dan mappalanca.

Bahkan, kata dia, pada tahun 2019 Kabupaten Bone berada diurutan enam untuk jumlah permohonan kekayaan intelektual.

Ia pun berharap agar produk maupun potensi kekayaan intelektual Kabupaten Bone untuk didaftarkan, sehingga mendapatkan perlindungan hukum dan meningkatkan nilai ekonomisnya.

"Perlu segera didaftarkan sehingga mendapat perlindungan hukum dan meningkatkan nilai ekonomisnya. Setelah memiliki sertifikat kekayaan intelektual, produk ini tidak dengan mudah diklaim oleh daerah maupun negara lain," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan kerja yang dilakukan kakanwil Kemenkumham Sulsel bersama rombongan.

Menurutnya, hal ini sebagai bentuk dukungan Kemenkumham kepada Kabupaten Bone.

"Terima kasih atas kunjungannya. Ini sebagai bentuk dukungan Kemenkumham kepada masyarakat Bone," tutur bupati Bone dua periode ini.

Saat melakukan kunjungan Harun ditemani oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone, Lukman Amin dan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Watampone, Andy Gunawan.

Selain itu, juga hadir Kepala Pengamanan Lapas Watampone, Rustam dan Kepala Seksi Binadik Lapas Watampone, Ramli.

Dari unsur pemerintah Kabupaten Bone, hadir Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, Sekretaris Daerah (Sekda) Bone, Andi Islamuddin.

Hadir pula, Kepala Bagian Kerjasama, Fadly Putra Saggaf, Kepala Bagian Hukum, Anwar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Andi Akbar dan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik, Sumardi Sulaiman.(*)

Laporan Wartawan TribunBone.com, Kaswadi Anwar

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved