Iduladha 1441 H

Pemkab Enrekang Pusatkan Pelaksanaan Salat Iduladha di Masjid Agung

Pelaksanaan Salat Iduladha 1441 H tingkat Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dipastikan bakal dilaksanakan di Masjid Agung Enrekang.

ist
Pelaksanaan sholat Iduladha tingkat Kabupaten Enrekang di Lapangan Abu Bakar Lambogo, Batili Kota Enrekang tahun lalu. 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Pelaksanaan Salat Iduladha 1441 H tingkat Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dipastikan bakal dilaksanakan di Masjid Agung Enrekang, Jumat (31/7/2020).

Hal tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pelaksanaan salat selalu dilaksanakan di Lapangan Abu Bakar Lambogo Batili, Kota Enrekang.

Sekretaris Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Enrekang, Syawal Sitonda mengatakan, pelaksanaan salat kali ini dilaksanakan di masjid lantaran lapangan Abu Bakar Lambogo sedang direhab.

"Sesuai hasil rapat pelaksanan Ied tingkat kabupaten Enrekang dilakukan di Masjid Agung Kota Enrekang, karena lapangan sedang direhab," kata Syawal, Rabu (29/7/2020).

Ia menjelaskan, yang akan menjadi khatib di Masjid Agung nantinya adalah Kepala Kemenag Enrekang, Kamaruddin SL.

Sementara untuk imam dan pembaca takbiran akan ditentukan sendiri oleh panitia lokal Masjid Agung Enrekang.

"Kita hanya siapkan khatib, untuk imam dan pembaca takbirmya nanti kita serahkan ke panitia lokal Masjid Agung," ujar kasi Bimas Islam Kemenag Enrekang ini.

Ia menambahkan, keputusan membolehkan pelaksanaan Salat Ied di tempat ibadah sesuai surat edaran Menteri Agama.

Dimana edaran itu menyebutkan semua tempat ibadah dibuka untuk pelaksanaan salat, seperti lapangan, masjid musalla bahkan ruangan terbuka juga dimungkinkan tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Jadi acuannya pada surat edaran menteri agama nomor 18 tahun 2020 ditindaklanjuti oleh surat edaran bupati. Intinya jaga jarak, pakai masker dan siapkan cuci tangan," tuturnya.

Rencananya Salat Ied di Masjid Agung bakal dihadiri Bupati Enrekang Muslimin Bando, Wabup Asman, Sekda H Baba dan pimpinan OPD serta Forkopimda.(*)

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, @whaiez

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved