Breaking News:

Operasi Patuh 2020

20 Randis Terjaring Razia Polres Mamasa, Nunggak Pajak

Selain kendaraan masyarakat umum, pada giat yang dilaksanakan tersebut, juga menyasar kendaraan berplat merah atau kendaraan dinas (Randis).

TRIBUN-TIMUR.COM/SEMUEL
Operasi Patuh Satlantas Polres Mamasa di Depan Kantor Bupati Mamasa. 

TRIBUNMAMASA.COM, MAMASA - Hari ke-7 pelaksanaan Operasi Patuh Siamasei 2020 oleh Satuan Lalulintas Polres Mamasa, Sulawesi Barat, terdapat 60 kendaraan bermotor jenis roda dua dan empat terjaring razia.

Kebanyak pelanggaran yang berhasil ditemukan adalah pelanggaran kasat mata seperti tak menggunakan helm, spion tidak ada, mati plat dan sebagainya.

Untuk operasi patuh di musim ini, Polres Mamasa melibatkan pihak Petugas Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Dengan begitu, bagi masyarakat yang belum bayar pajak bisa langsung bayar ditempat dan tidak dikenakan tilang.

Selain kendaraan masyarakat umum, pada giat yang dilaksanakan tersebut, juga menyasar kendaraan berplat merah atau kendaraan dinas (Randis). Ironinya, justru banyak Randis yang terjaring razia.

Kasatlantas Polres Mamasa, AKP Ferrix Sandhy Anggara menuturkan untuk randis yang diberikan surat tilang, terdapat kurang lebih 20 randis atau sekitar 30 persen lebih dari total kendaraan yang ditilang.

Kebanyakan Randis yang ditilang karena belum membayar pajak kendaraannya.

"Padahal seharusnya randis ini tertib bayar pajak, apalagi memang tiap tahun ada anggarannya untuk itu," tutur Ferrix saat dikonfirmasi di lokasi operasi, Rabu (29/7/2020) pagi.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Anggota Satlantas yang ditugaskan di Samsat, masih banyak randis milik pemerintah daerah yang sudah tertunggak kewajiban pajaknya beberapa tahun.

Mengenai berapa besaran pajak randis yang tertunggak, Ia tak dapat memberikan penjelasan.

"Belum diketahui berapa nilai pastinya, soalnya data yang kami minta ke Kepala Samsat Mamasa dan stafnya sampai saat ini belum diberikan," ungkapnya.(*)

Laporan Wartawan Tribunmamasa.com, @sammy_rexta

Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved