Tribuners Memilih

Paslon Perseorangan Pilkada Maros Setor 20.006 Dukungan Tambahan, 510 Tak Penuhi Syarat

Pasangan Bakal Calon Bupati (Cabup) jalur Perseorangan, Muhammad Nur dan Muhammad Ilyas Cika (Baret Cella), telah menyetor syarat perbaikan

TRIBUN-TIMUR.COM/ANDI MUHAMMAD IKHSAN WR
Komisioner KPU Maros Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi masyarakat dan SDM, Syaharuddin. 

TRIBUNMAROS.COM, TURIKALE - Pasangan Bakal Calon Bupati (Cabup) jalur Perseorangan, Muhammad Nur dan Muhammad Ilyas Cika (Baret Cella), telah menyetor syarat perbaikan sebanyak 20006 dokumen dukungan.

"Iya tadi malam Bapaslon perseorangan sudah menyetor syarat dukungan perbaikan sebanyak 20.006," ujar Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi masyarakat dan SDM, Syaharuddin, Selasa (28/7/2020).

Setelah dilakukan penelitian dokumen, ditemukan lengkap sebanyak 19.496, dan tidak lengkap sebanyak 510.

Dokumen yang tidak memenuhi syarat ini, dikarenakan adanya ketidak sesuaian antara B1.1 dan B1 nya.

"Sehingga yang dianggap memenuhi syarat, untuk selanjutnya dilakukan perivikasi administrasi selama 7 hari, terhitung mulai tanggal 29 Juli sampai 4 Agustus 2020, yang akan dilanjutkan verifikasi faktual," jelasnya

Diberitakan sebelumnya pasangan Cabup Nur-Ilyas telah menyetor 25.566 dokumen dukungan, yang tersebar di 14 kecamatan yang ada di kabupaten Maros.

Sementara syarat minimal dukungan jalur perseorangan di Pilbup Maros, adalah 24.505 dukungan, dan tersebar di minimal 8 kecamatan.

Namun yang memenuhi syarat hanya sekitar 14 ribu. Sehingga kekurangan sekitar 9.655 dukungan.

"Sesuai peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017, dijelaskan jika ada kekurangan syarat dukungan, bisa dilakukan perbaikan. Namun, dukungan selanjutnya yang diberikan harus dua kali lipat dari kekurangan," terangnya

"Jadi kalau kekurangan 9.655, maka harus memberikan sebanyak 19.310 dukungan lagi," jelasnya.

Sekedar diketahui, untuk pendaftaran pasangan bakal calon bupati-wakil bupati Maros bakal dibuka 4-6 September 2020 mendatang.

Laporan Tribunmaros.com,M Ikhsan

Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved