SYL Kunjungi Wajo

Mentan RI Serahkan Bantuan ke Wajo, Setelah Banjir Petani Diminta Langsung Menanam

Hal itu disampaikan mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu saat berkunjung ke Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Selasa (28/8/2020).

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH
Menteri Peranian RI, Syahrul Yasin Limpo berkunjung ke Kabupaten Wajo, Selasa (28/7/2020). 

TRIBUNWAJO.COM, BELAWA - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, berharap petani terdampak banjir di Kabupaten Wajo mampu bangkit dan menjaga ketahanan pangan Indonesia.

Hal itu disampaikan mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu saat berkunjung ke Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Selasa (28/8/2020).

SYL menyalurkan bantuan benih tanaman pangan ke petani terdampak banjir.

"Pada posisi itu, kita sudah mempersiapkan bibit dan mekanisasi yang cukup untuk menyerap, bukan cuma 9 ribu, tapi 14 ribu hektar untuk menguatkan ketahanan pangan," kata menteri yang kerap disapa SYL itu.

Diketahui, banjir yang melanda Kabupaten Wajo selama dua bulan terakhir membuat 9.096 ha area persawahan terendam banjir, dan sekitar 7.555 ha yang puso atau gagal panen.

SYL sendiri memberikan bantuan Ada 5 truk bantuan kemanusiaan senilai 250.000.000 yang diberikan ke petani terdampak banjir di Kabupaten Wajo.

Selain itu, ada bibit tanaman baik berupa, padi, pala, coklat, lada serta bantuan pupuk senilai Rp 35.688.044.550 diberikan.

"Saya kira bukan cuma Wajo, saya dari Luwu Uara, saya kira Sulsel adalah lumbung pangan nasional dan kalau disini terganggu itu bisa membuat produksi kita tidak sesuai dengan target," katanya.

Sementara, Bupati Wajo, Amran Mahmud meminta Kementan RI untuk memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Wajo.

Terlebih, potensi yang ada masih perlu dimaksimalkan agar target luas tanam bisa tercapai.

"Kita membutuhkan untuk memaksimalkan jalan tani kita, alat-alat pertanian, serta optimalisasi program serasi," katanya.

Kedatangan Menteri Pertanian RI di Kabupaten Wajo juga ditemani oleh anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved